Perbedaan Windows 32bit dengan 64bit

Posted: 3 April 2012 in Artikel
Tag:,

Windows 32-Bit atau 64-Bit?

Ketika akan mendownload suatu program untuk Windows, kadang-kadang kita akan dihadapkan pada pilihan versi Windows yang digunakan dan juga pilihan edisi 32-bit atau 64-bit. Sebagai contoh adalah pilihan download untuk Windows Internet Explorer RC 1yang baru-baru ini dirilis, masing-masing versi Windows disertai pilihan tanpa keterangan (edisi 32 bit) dan dengan keterangan 64-bit. Pertanyaan yang mungkin timbul ketika akan mendownload adalah seperti yang ditanyakan ezoel pada komentar tulisan Windows Internet Explorer RC 1:

Mas eko, saya kan pakai XP, tapi bagaimana cara mengetahuinya saya pakai XP atau XP 64-bit?
Saya kan tdk tau cd XP yang digunakan untuk menginstal XP di komputer saya ini.

Uraian saya berikut akan mencoba membahas perbedaan Windows 32-bit dan Windows 64-bit dan cara mengetahuinya.

Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Processor 64-bit akan mampu mereferensikan pengalamatan data pada memory dibanding processor 32-bit, dan secara teori ini akan dapat memproses data lebih cepat dan performance komputer menjadi lebih baik.

Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit. Perbedaan versi 32-bit dan 64-bit pada suatu software Windows ini mengacu pada edisi Windows yang digunakan, apakah Windows 32-bit atau 64-bit. Suatu software yang didesain untuk Windows 64-bit hanya bisa digunakan pada Windows 64-Bit, sedangkan software yang didesain untuk Windows 32-bit masih mungkin bisa digunakan pada Windows 64-Bit tetapi tidak berlaku untuk semua software.

Pilihan yang tepat dalam memilih edisi software adalah menyesuaikan dengan jenis Windows yang digunakan. Jika tanpa disertai keterangan atau informasi untuk 32-bit atau 64-bit, umumnya software-software yang beredar saat ini ditujukan untuk Windows 32-bit.

Untuk mengetahui apakah Windows yang digunakan adalah 32-bit atau 64-bit salah satu cara yang dapat dilakukan berdasarkan versi Windows yang digunakan yang pada dasarnya sama yaitu melihat informasi di Control Panel — System:

  • Windows XP
    Klik kanan My Computer pada desktop kemudian pilih Properties (atau dari Control Panel – System). Pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows XP 32-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows XP Professional, sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows XP Professional x64 Edition. Jadi jika Windows XP 64-bit ada tambahan keteranganx64 Edition.
  • Windows Vista
    Masuk ke Control Panel – System dan lihat informasi System type di bawahSystem, untuk Windows Vista 32-bit akan tertulis keterangan 32-bit Operating System, sedangkan untuk Windows Vista 64-bit akan tertulis keterangan 64-bit Operating System.
  • Windows Server 2003
    Masuk ke Control Panel – System, pada tab General perhatikan pada bagian System, untuk Windows Server 2003 32-bit akan tertulis seperti  Microsoft Windows Server 2003 Standard Edition, sedang untuk Windows XP 64-bit akan tertulis Microsoft Windows Server 2003 Standard x64 Edition. Jadi sama seperti Windows XP, untuk Windows Server 2003 ada tambahan keterangan x64 Edition.

Jadi jika Anda menemui adanya pilihan software untuk Windows 64-bit dan sudah memastikan bahwa edisi Windows yang digunakan adalah 64-bit, akan lebih optimal jika menggunakannnya, namun jika tanpa keterangan peruntukannya, umumnya dapat digunakan baik untuk Windows 32-bit maupun 64-bit kecuali ada keterangan dari pembuatnya bahwa program tersebut tidak dapat berjalan di atas Windows 64-bit.

 

Untuk memahami hal tersebut pada posting kali ini akan dibahas apa itu sebenarnya 32 bit dan 64 bit.

System 32-bit memanfaatkan data dalam potongan 32-bit sedangkan sistem 64-bit memanfaatkan data dalam potongan 64-bit. Secara umum, semakin banyak data yang dapat diolah sekaligus, sistem semakin cepat beroperasi. Ada beberapa keuntungan lainnya untuk sistem 64-bit juga, paling praktis untuk kemampuan menggunakan jumlah data yang secara signifikan lebih besar dari memori fisik.

Tetapi penggunaan software OS 32 bit dan Os 64 bit harus mengikuti hardware yang mendukung apakah komputer anda siap untuk menggunakan OS 64 bit atau hanya dapat menggunakan OS 32 bit saja. Kebanyakan prosesor lama saat didasarkan pada arsitektur 32-bit dan 32-bit tidak dapat menggunakan system OS 64 bit. Dengan perkembangan teknologi, saat ini banyak prosessor diciptakan pada arsitektur 64 bit dan mendukung sistem operasi. Prosesor ini juga sepenuhnya kompatibel dengan sistem operasi 32-bit.

Sedikit keterangan tentang processor 32 bit dengan 54 bit, pada dasarnya cara komputer menyimpan data atau membuat referensi untuk data, memori, dll dalam bentuk bit dengan nilai 1 atau 0, itu disebut “digit biner”. Jadi kode biner aliran 1 dan 0, seperti urutan acak 100100100111. Bit-bit ini juga menunjukkan bagaimana prosesor Anda melakukan perhitungan. Dengan menggunakan prosesor 32 bit Anda dapat mewakili nomor dari 0 sampai 4.294.967.295 sementara untuk processor 64-bit dapat mewakili angka 0 sampai 18.446.744.073.709.551.615.

Bagaimana anda mengetahui bahwa Windows anda bekerja untuk mesin 32 – atau mesin 64-bit?

Untuk Windows Vista dan Windows 7

Lakukan cara ini :

Metode 1: Lihat jendela di Control Panel

 

  1. Klik Start Tombol Start, Ketik system di kotak Start Search, kemudian klik system dalam daftar Program.
  2. Sistem operasi adalah ditampilkan sebagai berikut:
  • Untuk versi system 64-bit: 64-bit Operating System muncul untuk Jenis Sistem di bawah Sistem.
  • Untuk versi sistem operasi 32-bit: 32-bit Operating System muncul untuk Jenis Sistem di bawah Sistem.

Metode 2 : Dengan menggunakan System Informasi Windows

  1. Klik Start, ketik System pada kotak Start Search, lalu klik pilihan System Informasion
  2. Pilih System Summary pada panel pilihan, maka Operating system akan ditampilkan sebagai berikut

* Untuk Operating system 64 bit; tertulis, x64 bit-based PC untuk type system

* Untuk operating sytem 32 bit, tertulis x86-based PC untuk type system

Untuk Windows Xp

Metode 1 : Melihat System Properties dari Control panel

  1. Klik Start, kemudian klik Run
  2. Ketik sysdm.cpi, pada kotak text dan klik ok
  3. Klik tab General maka informasi tentang system operasi komputer anda akan tampil tulisan informasi :
  • Untuk operating system versi 64-bit :  Windows XP Professional x64 Edition Version < Tahun>  akan tampil di bawah System.
  • Untuk operating system versi 32-bit : Windows XP Professional Version <Year> akan tambil dibawah System.

Metode 2 : Melihat System Informasi Windows

Klik Start, kemudian klik Run

  1. Ketik perintah winmsd.exe, pada kotak teks kemudian klik Ok
  2. Klik peilihan System Summary pada panel navigasi, pada informasi kotak di sebelah kanan cari item Processor, maka bila tampil tulisan :

* X86, berarti komputer anda bekerja dengan windows 32 bit

* ia64 atau AMD64, berarti komputer anda bekerja pada windows 64 bit

Bagaimana anda mengetahui bahwa Motherboard anda dapat menggunakan Processor 64 bit

 

Metode 1 : Dari buku Manual

Saat anda membeli motherboard, disertakan buku manual, anda dapat melihat type soket processor dan bila di buku tersebut tertulis kompatibel untuk processor 64 bit maka anda dapat menggunakan processor 64 bit.

Metode 2 : Dengan menggunakan sorftware CPU Z

* Download Software CPU-Z http://www.4shared.com/file/157712688/63a2bb2/cpuz.html

* Jalankan software terebut, lalu klik tab CPU

* Lihat pilihan “Package” atau instruction, contohnya akan terlihat processor MMX, SSE, SSE2, SSE3. x86-64, berarti Motherboard dan Processor anda support untuk 64 bit, bila hanya tulisan x86, berarti komputer anda tidak support untuk 64 bit

Manfaat sebenarnya dari mengatur ini tidak berasal dari jumlah bit, tetapi oleh struktur yang lebih baik dari sistem 64 bit dibanding dengan sistem 32 bit. Sebuah prosesor 64-bit yang dibuat dengan proses silikon yang lebih maju, memiliki transistor lebih banyak, dan kecepatan lebih cepat.

Adapun sistem operasi 64-bit dan perangkat lunak, sangat banyak, tetapi tidak ada yang dalam versi final. Microsoft telah merilis versi beta dari Windows XP dengan mengambil keuntungan dari teknologi 64 bit, tapi masih ada masalah. Masalahnya adalah ketika Anda menjalankan program perangkat lunak 32-bit dalam lingkungan sistem operasi 64-bit. Banyak program tidak akan bekerja dengan baik, seperti Adobe Acrobat dan Windows Media Player, misalnya. Masalah lain adalah RAM. Anda benar-benar membutuhkan sekitar 4 GB RAM untuk mendapatkan kemampuan yang penuh dari prosesor 64-bit, sedangkan pemilik PC yang memiliki memori yang kurang dari 1 GB disarankan tidak menggunakan system 64 bit.

Dengan mengetahui kemampuan komputer anda apakah menggunakan system 32 bit atau 64 bit, dan juga mengetahui apakah processor anda 32 bit atau 64 bit, maka anda tidak salah untuk memilih software yang disediakan seperti :

  1. Sekarang setiap driver hardware terdiri dari 2 instaler system antara 32 bit atau 64 bit, dengan demikian anda dapat memilih driver yang sesuai dengan komputer anda.
  2. Memilih OS atau CD OS, yang sesuai dengan kemampuan komputer anda.
  3. Menginstall atau mencari, membeli software-software yang disesuaikan dengan kemampuan komputer anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s