Jamsostek

Sejarah

Penyelenggaraan program jaminan sosial merupakan salah satu tangung jawab dan kewajiban Negara untuk memberikan perlindungan sosial ekonomi kepada masyarakat. Sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan Negara, Indonesia seperti halnya berbagai Negara berkembang lainnya, mengembangkan program jaminan sosial berdasarkan funded social security, yaitu jaminan sosial yang didanai oleh peserta dan masih terbatas pada masyarakat pekerja di sektor formal.

Sejarah terbentuknya PT Jamsostek (Persero) mengalami proses yang panjang, dimulai dari UU No.33/1947 jo UU No.2/1951 tentang kecelakaan kerja, Peraturan Menteri Perburuhan (PMP) No.48/1952 jo PMP No.8/1956 tentang pengaturan bantuan untuk usaha penyelenggaraan kesehatan buruh, PMP No.15/1957 tentang pembentukan Yayasan Sosial Buruh, PMP No.5/1964 tentang pembentukan Yayasan Dana Jaminan Sosial (YDJS), diberlakukannya UU No.14/1969 tentang Pokok-pokok Tenaga Kerja, secara kronologis proses lahirnya asuransi sosial tenaga kerja semakin transparan.

Setelah mengalami kemajuan dan perkembangan, baik menyangkut landasan hukum, bentuk perlindungan maupun cara penyelenggaraan, pada tahun 1977 diperoleh suatu tonggak sejarah penting dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah (PP) No.33 tahun 1977 tentang pelaksanaan program asuransi sosial tenaga kerja (ASTEK), yang mewajibkan setiap pemberi kerja/pengusaha swasta dan BUMN untuk mengikuti program ASTEK. Terbit pula PP No.34/1977 tentang pembentukan wadah penyelenggara ASTEK yaitu Perum Astek.

Tonggak penting berikutnya adalah lahirnya UU No.3 tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja (JAMSOSTEK). Dan melalui PP No.36/1995 ditetapkannya PT Jamsostek sebagai badan penyelenggara Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Program Jamsostek memberikan perlindungan dasar untuk memenuhi kebutuhan minimal bagi tenaga kerja dan keluarganya, dengan memberikan kepastian berlangsungnya arus penerimaan penghasilan keluarga sebagai pengganti sebagian atau seluruhnya penghasilan yang hilang, akibat risiko sosial.

Selanjutnya pada akhir tahun 2004, Pemerintah juga menerbitkan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, yang berhubungan dengan Amandemen UUD 1945 dengan perubahan pada pasal 34 ayat 2, dimana Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) telah mengesahkan Amandemen tersebut, yang kini berbunyi: “Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan”. Manfaat perlindungan tersebut dapat memberikan rasa aman kepada pekerja sehingga dapat lebih berkonsentrasi dalam meningkatan motivasi maupun produktivitas kerja.

Kiprah Perseroan yang mengedepankan kepentingan dan hak normative Tenaga Kerja di Indonesia terus berlanjut. Sampai saat ini, PT Jamsostek (Persero) memberikan perlindungan 4 (empat) program, yang mencakup Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) bagi seluruh tenaga kerja dan keluarganya.

Dengan penyelenggaraan yang makin maju, program Jamsostek tidak hanya bermanfaat kepada pekerja dan pengusaha tetapi juga berperan aktif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi kesejahteraan masyarakat dan perkembangan masa depan bangsa.

Visi

Menjadi lembaga jaminan sosial tenaga kerja terpercaya yang unggul dalam pelayanan dan memberikan manfaat optimal bagi seluruh peserta dan keluarganya.

Misi

Sebagai badan penyelenggara jaminan sosial tenaga kerja yang memenuhi perlindungan dasar bagi tenaga kerja serta menjadi mitra terpercaya bagi;
Tenaga Kerja: Memberikan perlindungan yang layak bagi tenaga kerja dan keluarga
Pengusaha: Menjadi mitra terpercaya untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dan meningkatkan produktivitas
Negara: Berperan serta dalam pembangunan

FILOSOFI JAMSOSTEK

JAMSOSTEK dilandasi filosofi kemandirian dan harga diri untuk mengatasi resiko sosial ekonomi. Kemandirian berarti tidak tergantung orang lain dalam membiayai perawatan pada waktu sakit, kehidupan dihari tua maupun keluarganya bila meninggal dunia. Harga diri berarti jaminan tersebut diperoleh sebagai hak dan bukan dari belas kasihan orang lain.
Agar pembiayaan dan manfaatnya optimal, pelaksanaan program JAMSOSTEK dilakukan secara gotong royong, dimana yang muda membantu yang tua, yang sehat membantu yang sakit dan yang berpenghasilan tinggi membantu yang berpenghasilan rendah.

Motto Perusahaan:

Pelindung Pekerja, Mitra Pengusaha
Sumber : PT. Jamsotek (Persero)

Komentar
  1. Mateus Dwi Puji Purwanto mengatakan:

    Selamat malam….
    Salam sejahtera, tempat untuk sediki dan pastinya banyak berbagi pengalaman. Dan semga saya dapat diterima di rubik ini.

    thx
    Mdpp

  2. mapays mengatakan:

    selamat pagi pak MAtheus DPP,
    salam kenal dari saya,
    silakan berbagi pengalaman di sini pak.

    rgd

  3. Mateus DPP mengatakan:

    Selamat pagi pak
    Senang sekali bisa terima di arena ini hehe:)0, juga sebagai pemain baru, untuk pemanasan sedikit ingin saya tanyakan :
    1. Apakah JPK adalah sarana untuk melakukan REIMBURCEMENT, karena asumsi karyawan seperti ini??
    2. Bagaimana prosedurnya jika pada karyawan sakit dan perlu pertolongan (bukan kecelakaan kerja ) TETAPI kartu JPKnya belum selesai??
    3.Company saya mempunyai cabang2 secara nasional, apakah dapat per cabang mengambil form 1a ataupun form2 lainnya di cabang2 tiap daerah?bagaimana prosedurnya??
    4.Syarat2 apa saja yang diperluklan ketika melakukan pengurusan MUTASI antar caban? ( areal JAKARTA DAN TANGERANG )
    Sebenarnya masih banyak pertanyaan saya, namun bisa saya sampaikan. Mohon bantuan bapak untuk memberikan saran, sesuai pengalaman saya tersebut diatas.

    Matur sembah nuwun
    Mdpp

  4. mapays mengatakan:

    Terima kasih pak Matheus, saya coba membantu memberikan saran yg bapak minta.
    jawaban atas pertanyaan :
    1. tidak, karena di JPK berobat harus menggunakan dokter yg tertera dalam kartu KPK, kecuali dalam posisi emergency, maka bisa di lakukan pengobatan di manapun, dan bisa di lakukan reimburse.

    2. utk kartu KPK, pencetakan di targetkan maksimal 1 minggu dari berkas di terima. jika TK yg terdaftar blm memiliki KPK karena blm tercetak, maka bisa di lakukan reimburs (emergency).jika reimburs tidak bisa di lakukan di karenakan ekonomi TK, maka mintalah KPK sementara sesuai order dokter PPK 1. bapak bisa berkonsultasi dengan AO Pembina perusahaan bapak.

    3. utk formulir, seluruh kantor Jamsostek di Indonesia adalah sama. jika permintaan formulir dalam jumlah besar. maka di tunjukan saja copy sertifikat pendaftaran perusahaan, ini membuktikan bahwa perusahaan bapak adalah peserta jamsostek.formulir bisa di minta di di bagian PAP atau CSO di seluruh kantor jamsostek terdekat, GRATIS.

    4.utk mutasi kepesertaan tidak ada syarat pak. hanya prosedurnya, TK tersebut di keluarkan terlebih dahulu di perusahaan yg lama. kemudian di daftarkan kembali dengan nomor KPJ yg ada di perusahaan lama.
    ilustrasi : TK A aktif di perusahaan di Jakarta menggunakan KPJ : J0123456789, kemudian bulan MEI 2011 mutasi ke tanggerang.
    maka prosedur nya, bapak harus melaporkan TK A keluar di jakarta Per bulan Mei 2011,kemudian di daftarkan di Tanggerang bulan Mei 2011 juga. kemudian menyampaikan formulir 1a(pendaftaran TK) dengan di lampirkan copy KPJ : J0123456789.sehingga tidak perlu membuat kartu KPJ baru.

    demikian di sampaikan, jika ada pertanyaan lagi mengenai hal di atas atau ada pertanyaan baru, silakan di share.
    terima kash,

    RGD

  5. Andy Setiawan mengatakan:

    Dear Mapays,

    Saya minta List Rujukan Rumah Sakit Jamsostek yang ada di wilayah bogor khususnya dan jobodetabek pada umumnya, karena dalam pengisian Form jaminan pemeliharan kesehatan diminta untuk mengisi rumah sakit yang dituju, sedangkan saya tidak mengetahui daftar RS yang di rujuk atau bekerjasama dengan JAMSOSTEK.

    Saya sangat mengharapkan informasinya.

    Terima Kasih

  6. mapays mengatakan:

    salam…
    maaf saya koreksi, sebenarnya bukan Rujukan pak,
    akan tetapi setiap TK berhak memilih dokter Umum dan Dokter gigi sesuai dengan List Dokter yang bekerja sama dg Jamsostek.

    utk daftar list dokter yg bekerja sama, bapak bisa meminta kepada AO pembina perusahaan bapak.
    terima kasih.

  7. adhie mengatakan:

    Hi Moderator,

    saya mempunyai 4 KPJ dari empat perusahaan yg berbeda, dari tempat saya bekerja terdahulu. bagaimana caranya supaya 4 KPJ tersebut bisa di jadikan dalam 1 KPJ yg terbaru di tempat saya bekerja sekarang. dikarenakan pihak HRD tempat saya bekerja sekarang tidak pernah menanyakan saya sudah mempunyai KPJ atau blum. tiba2 saya sudah terdaftar dalam KPJ baru ditempat saya bekerja sekarang. mohon pencerahannya :D

  8. mapays mengatakan:

    Halo Pak adhie
    salam kenal..

    utk TK yang mempunyai KPJ,
    bapak copy KPJ yang terlama/paling tua umurnya.
    kemudian, 3 KPJ yg lebih muda di bawa ke jamsostek tempat bapak terdaftar.
    mionta formulir Amalgamasi/penggabungan saldo.
    minta tanda terimanya,
    kemudian 1 minggu setelah itu, bapak minta hasil penggabungan saldo tersebut.

    terima kasih.

  9. feri septiawan mengatakan:

    Selamat malam,

    Bagaimana prosedur untuk ikut program jamsostek.
    Di tempat saya bekerja sampai saat belum ikut juga program jamsostek.
    Kadang greget mau ke Jamsostek sendiri namun belum tau prosedurnya.

    Trims.

  10. mapays mengatakan:

    selamat pagi Bpk Septiawan,,
    di jamsostek terdapat 2 Program,
    ada Program Paket/Program yg wajib di ikuti perusahaan,
    ada program Khusus/program perseorangan yang tdk wajib ikut.

    program paket ada 4 program yg wajib di ikuti: JKK, JKM, JHT, dan JPK
    program khusus ada 2 program wajib yg di ikuti: JKK, dan JKM. tetapi orang yg mendaftar bisa mengikuti program tambahanya yaitu : JHT dan JPK.

    kalo program paket : syaratnya melampirkan SIUP perusahaan, NPWP perusahaan, dan dokumen pendukung lainya
    kalo program khusus bersifat sukarela, perorangan/buruh harian lepas. syaratnya hanya melampirkan KK/KTP beserta uang iuran.

    kalo lebih jelasnya, bapak bisa datang ke kantor Jamsotek terdekat di kota bapak utk konsultasi lebih lanjut.

    demikian di sampaikan, terima kasih atas perhatianya.

    salam

    • donna satyadharma mengatakan:

      selamat sore….
      menyambung pertanyaan dari sdr feri septiawan, berapa jumlah minimal karyawan untuk ikut jamsostek…
      terima kasih

      • Mapays Expert mengatakan:

        pagi,
        minimal jumlah karyawan yang harus ikut kepesertaan jamsostek adalah semua karyawan,
        jika dalam perusahaan hanya ada 1 karyawan toh tidak mungkin pak, karena pasti ada kepala, bendahara, sekretaris, dll.

        jamsostek akan terima pendaftaran kepesertaan minimal 2 orang.
        terima kasih

  11. Matheus DPP mengatakan:

    Selamat pagi
    Salam sejahtera…

    Senang sekali dapat berjumpa kembali, ijinkan saya berbagi pertanyaan seputar kepesertaan
    Jamsostek. Adapun hal ini sangat perlu saya sampaikan karena yang saya temui dilapangan
    adalah perbedaan2 kebijakan Cabang Jamsostek terhadap penanganan claim ataupun pelayanan.
    1. Bagaimana prosedurnya jika ada peserta sakit ( ikut program JPK ) dan sudah melalui prosedur
    dengan berobat di PPK I dan dirujuk ke PPK lanjutan/II, tetapi faktanya peserta tersebut tidak
    diberikan pelayanan ( saya sudah membaca buku panduan teknis JPK ). Apakah ada syarat
    admin yang harus dipenuhi lagi.
    2. Mengenai claim JKK, apakah jika ada keterlambatan pembayaran premi, claim JKK tidak dapat
    diproses, dan berkas apa saja yang harus dilengkapi.
    3. Benarkah JPK tidak dapat digunakan jika perusahaan terlambat menyetor premi dan kapan
    hak sebagai peserta JPK dapat dipergunakan lagi.
    4. Provider JPK apakah sama setiap cabang ( seluruh INDONESIA ) dan online.
    5. Jika ada peserta yang seharusnya didaftarkan pada bulan Januari, tetapi ternyata baru
    didaftarkan pada bulan Maret, bagaimana cara peritungan preminya.

    Demikian saya sampaikan, mohon maaf terlalu banyak pertanyaan dari saya.
    Atas perhatian Bapak dan waktu yang diberikan diucapkan terima kasih.

    best regards
    Matheus DPP
    08588 35 80 350

  12. Mapays Expert mengatakan:

    selamat pagi pak Mdpp,
    mohon maaf baru sempat di jawab, karena padatnya waktu, dan persiapan mudik ke jawa.
    hehehe

    jadi seperti ini pak,
    sesuai peraturan dan prosedur, bahwa hak tenaga kerja dan perusahaan adalah mendapat perlindungan serta santunan dari manfaat program jamsostek.
    dan kewajiban tenaga kerja dan perusahaan adalah tertib administrasi dan iuran.

    oleh karena itu, untuk menghindari moral hazard dan menciptakan kerjasama yang baik antar perusahaan dan jamsostek, maka perlu tertib administrasi khususnya dalam pelaporan data upah dan tenaga kerja.

    jawaban utk pertanyaan no :
    1. untuk tenaga kerja yg sudah mendapat rujukan ke PPK 2 tapi tidak mendapat tindakan sepertinya tidak mungkin pak,
    sebaiknya bapak telusuri dahulu si TK. kadang TK terkesan MANJA atau bahkan tidak tahu prosedur masuk ke PPK 2, sehingga TK ragu2 dan bingung serta memilih pulang dan melaporkan tidak di rawat.

    kalo memang tidak terdapat kekeliruan pada TK , bisa terjadi jika PPK 2 tempat di rujuk tidak mau melayani, lebih baik bapak menyampaikanya kepada kepala bidang pelayanan PT Jamsostek terdaftar.

    2. itu pasti pak, dimana mana seperti itu. oleh karena itu jangan sampai perusahaan telat bayar iuran. sehingga proses klaim JK, JKK, JHT, Maupun JPK tidak tertahan. kalo tertahan, TK berasumsi bahwa Jamsostek itu Ribet. padahal perusahaan blm setor iuran dan tanpa sepengetahuan TK.

    3.maksimal 3 bulan berturut turut telat bayar, otomatis Data Nama Tertanggung didokter Umum, Gigi, dan Bersalin hilang.

    4 utk standar dan prosedur sama, mungkin cara habitnya yg berbeda. karena Dokter juga manusia, pasti masing2 mempunyai ciri khas.
    utk dokter, tergantung kebijakan dan kerjasama masing2 kantor cabang.
    Dokter kerjasama Jamsostek nge-Link se-Indonesia

    5. Laporkan Masuk Bulan Maret, kemudian lakukan Rapel Iuran bulan Januari dan Februari.
    perhitunganya akan sama saja, tetapi segala klaim di bulan Jan dan Feb tidak di tanggung.

    sekian jawab dari saya,
    semoga membantu anda,
    salam hormat saya
    Mardi Kurnianto,

    AO Kalsel.

  13. Matheus DPP mengatakan:

    Selamat malam pak.
    Terima kasih atas waktu dan pengetahuan yang diberikan. Bersama ini pula saya ucapkan Selamat Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin. Salam untuk keluarga.

    best regards
    Matheus DPP

  14. Mapays Expert mengatakan:

    Selamat Sore,
    Terima Kasih atas perhatian Pak Matheus.
    Semoga bermanfaat bagi bapak.

  15. Mapays Expert mengatakan:

    Selamat Sore,
    Terima Kasih atas perhatian Pak Matheus.
    Maaf lahir batin juga tak lupa saya sampaikan,
    salam dari kami sekeluarga,
    Semoga informasi ini selalu bermanfaat bagi bapak.

    salam dari kami,
    Mardi Kurnianto & Keluarga

  16. Matheus DPP mengatakan:

    Selamat malam Pak
    Semoga tidak bosan dengan pertanyaan2 saya ;
    1. Apakah dalam PROG SUS proyek , kepesertaannya hanya sesuai dengan SURAT KONTRAK proyek, dan apakah jika proyek belum selesai ( waktu melebihi kontrak proyek ) harus mendaftar kembali?
    2. Benarkah ada kerjasama antara RUMAH SAKIT dengan JAMSOSTEK, dalam melayani peserta jika mengalami kecelakaan kerja. Hal ini saya sampaikan karena baru saja karyawan kami kecelakaan dan dapat dilayani dengan baik oleh RS POLRI Pasar Rebo Jakarta dalam penanganan pertama. Biaya perawatan selanjutnya RS POLRI akan melakukan koordinasi dengan pihak JAMSOSTEK. Sebelumnya bagian pendaftaran sudah minta persyaratan seperti KPJ dan KTP yang bersangkutan.
    Demikian saya sampaikan, mohon maaf saya selalu bertanya terus..hehe

    Salam
    Matheus DPP

    • Mapays Expert mengatakan:

      malam,
      1. iya benar seperti itu karena proyek Jasa konstruksi sudah di tetapkan besarnya nilai kontrak dan jangka waktunya.
      2. untuk karyawan kecelakaan kerja, biaya dapat di cover(maksimal 20.000.000) meskipun RS tidak bekerja sama dengan jamsostek.
      tapi apabila RS sudah kerja sama dengan jamsostek maka bisa terjadi seperti itu (tanpa keluar biaya).

      terima kasih,
      salam

  17. Arif mengatakan:

    Selamat sore Mas Mardi,
    Saya punya 2 KPJ dengan kepesertaan ; ( I ) 10-2006; ( II )11-2007. Untuk KPJ yang pertama saya keluar dari perush pada bulan 11 thn 2007, yang kedua keluar pada bulan 9 thn 2011 (beberapa hari lalu). Yang ingin saya tanyakan : kalau saya ingin mengambil JHT saya pada bulan 11-2011 atas 2 KPJ di atas, apakah sudah bisa? Sepengetahuan saya, KPJ yang ke II, saya amalgamasi dengan KPJ yang I. Mohon penjelasan. Terima kasih sekali atas penjelasan yang Mas Mardi berikan.

    Salam
    Arif

  18. Mapays Expert mengatakan:

    Selamat sore pak Arif,
    perlu di ketahui,
    apakah ke dua KPJ tersebut sudah di Amalgamasi(gabung) atau belum?
    kalo KPJ yang sudah di amalgamasi, KPJ yang termuda di tarik oleh jamsostek. yang KPJ tertua di pegang oleh Tenaga kerja. saldo aktif di KPJ yang tertua.

    kalo sudah di amalgamasi berarti KPJ yang aktif adalah KPJ yang tertua (10-2006), artinya saldo / KPJ saudara sudah bisa di ambil, karena kepesertaan 10-2006 , 5 tahun–>10-2011.

    terima kasih.

  19. Arif mengatakan:

    Terima kasih pak Mardi Kurnianto atas jawaban yang bapak berikan. Kalau saya BELUM mengajukan amalgamasi atas 2 KPJ tsb, mohon saran bagaimana caranya agar saya bisa mengambil JHT kedua KPJ, mengingat yang tertua tentu belum jatuh tempo. Sekali lagi terima kasih atas kesediaan pak Mardi menjawab pertanyaan ini.

    Salam
    Arif

  20. Arif mengatakan:

    Pak Mardi, mohon maaf, saya koreksi email saya sebelum ini. Saya telah menuliskan bahwa yang tertua tentu belum jatuh tempo. Maksud saya, yang benar adalah KPJ yang termuda. kalau yang tertua pastilah sudah jatuh tempo untuk pengambilan JHT. Sekaligus saya ingin memperjelas pertanyaan saya bahwa bagaimana saya bisa mengambil JHT kedua KPJ secara bersamaan pada bulan 11-2011 sementara saya belum melakukan amalgamasi.
    Demikian, mudah2an koreksi ini bisa memperjelas pertanyaan saya. Terima kasih pak Mardi.

    Salam
    Arif

  21. Mapays Expert mengatakan:

    baik pak Arif,
    kalo bapak ingin mengambil saldo JHT di kedua KPJ tersebut, haruslah di amalgamasi.
    karena dalam amalgamasi saldo JHT 2 KPJ, nanti KPJ yang termuda saldonya akan di masukan ke KPJ yang tertua.

    karena jika tidak di amalgamasi, maka KPJ yang termuda belum jatuh tempo. sehingga saran saya saldonya di gabung/amalgamasi ke KPJ yg tertua.

    terima kasih.

  22. Matheus DPP mengatakan:

    Selamat malam
    Salam Sejahtera..

    Mohon info dimana saya dapat memperoleh softcopy UU BPJS 2011, atau mungkin Bapak sudah ada, kiranya dapat dishare.
    Terimakasih atas bantuan dan waktunya.

    Salam
    Matheus DPP

  23. Mapays Expert mengatakan:

    selamat pagi pak MDPP,
    bisa bisa downlod naskahnya disini :

    http://sjsn.menkokesra.go.id/dokumen/publikasi/ruu_bpjs_220109a.pdf

    silakan di pelajari lebih lanjut.
    trims

  24. mamansani mengatakan:

    saya mau tanya kalau mengklaim jamsostek tapi pesertanya meninggal dunia dan sudah tidak memiliki KTP bagaimana ya

    • Mapays Expert mengatakan:

      utk klaim JHT syaratnya sama :
      KTP, KK, KPJ, SUrat keterangan bekerja dari perusahaan, isi form 5.

      jika TK sudah meninggal,
      KTP diganti dengan surat keterangan penduduk dari kelurahan,
      sertakan pula surat keterangan kematian dari kelurahan.

      meninggalnya karena apa dan kapan?
      jika meninggal <6 bulan dari berhenti bekerja, maka akan mendapat santunan kematian s.d 16.800.000,-.

      terima kasih semoga membantu

  25. mamansani mengatakan:

    tolllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllllong di bantu pak

  26. mulyana mengatakan:

    selamat malam, saya punya 2 kpj yg pertama 04-2008 dan saya resend 01-2009, KPJ yg kedua 01-2010 resend 01-2012 saya lihat saldo waktu itu tercatat 1.8jt pada bulan maret, pada bulan ini saya cek april terdapat tulisan amalgamasi saldo keluar -1,8 sekian, maksudnyaa apa, apakah saldo saya hangus?
    saya melihat saldo melalui web login jamsostek
    thx

    • Mapays Expert mengatakan:

      selamat sore,
      begini pak,
      saldo JHT di Jamsostek TIDAK AKAN HANGUS, BERKURANG, SUSUT,ATAU HILANG selama tidak diklaim oleh TK atau ahli waris.

      utk keterangan amalgamasi,
      maksudnya amalgamasi pada rincian saldo bapak, saldo tersebut gabung menjadi satu di satu nomor KPJ.
      bapak sudah cek utk saldo akhir di keterangan rincian, apakah 0?
      kalo nilai saldo akhir memang 0, apakah bapak pernah melakukan penggabungan saldo.
      kalo pernah melakukan pengajuan penggabungan saldo /amalgamasi berarti wajar saja, saldo bapak gabung menjadi 1, kan bapak punya 2 KPJ.

      kalo ada pertanyaan lagi silakan di ajukan,
      sekian,
      terima kasih

  27. Multi Health Clinic mengatakan:

    Selamat pagi pak,
    terimakasih buat ulasan mengenai Jamsostek nya… Kalau bapak berkenan membantu bagaimana membuat konsep proposal kerjasama dengan PT.Jamsostek apabila kita selaku klinik yang ingin jadi provider penyedia layanan kesehatan bagi peserta Jamsostek. Kalau bisa dibantu juga model daftar tarif layanan yg sesuai dengan PT.Jamsostek.
    Sekian dan terimakasih.
    Salam

    Kami dapat dihubungi di email multihealthclinic@yahoo.co.id

  28. rommi mengatakan:

    selamat siang pak.
    mau tanya pak, saya kepersertaan jamsostek saat pertama kali di daftar kan oleh perusahaan ke jamsostek, masih di gabung di kantor pusat jakarta (kantor pusat tempat saya berkerja di jakarta sehingga pendaftaran Jamsostek masih induk ke kantor pusat jakarta dengan awal kepersertaan 11-2003) namun saya sudah mendapatkan kartu kepersertaan setelah itu, tempat saya bekerja telah menjadi cabang penuh sehingga kepengurusan jamsostek di alihkan ke kantor cabang tempat saya bekerja tepatnya di kantor cabang palembang, dari hasil print out jamsostek terterah awal kepersertaan adalah 11-2003, namun saat ini pada saat mencairkan JHT kepersertaan saya tgl 02 -2005 sehingga saldo djamsostek yang di setorkan kantor pusat jakarta tidak masuk ke saldo cabang palembang ,. bagaimana cara pengabungannya pak,. sedangkan pencairan JHT saya telah dilakukan, apakah masih bisa klaim pencairan saldo di jamsostek jakarta, namun data sepert kartu kepersertaan jamsostek yang asli telah di ambil oleh CSO jamsostek cabang palembang,. mohon pencerahaannya pak,.

    • Mapays Expert mengatakan:

      siang,
      pak Romi, saya mau bertanya kita samakan dulu persepsi:

      bapak punya berapa kartu jamsostek?
      kepesertaan 11-2003 dan kepesertaan 02-2005
      berati bapak punya 2 kartu dengan nomor yang berbeda?

      saldo jamsostek kepsertaan tahun 02-2005 sudah di cairkan?
      yang bapak tanyakan saldo jamsostek kepesertaan 11-2003 kemana?

      mohon maaf saya belum memahami pertanyaan bapak, mohon dapat diperjelas.

      terima kasih

  29. rommi mengatakan:

    iya pak,
    saya memiliki 1 kartu jamsostek saya bekerja di palembang. pada tahun 2003 di daftarkan perusahaan perusahan tempat saya ke jamsostek di jakarta,(karena tempat saya bekerja masih kantor unit di palembang, hasil print out saldo awal kepersertaan 11-2003) th 2005 di pindahkan pembayaran iuran jamsostek saya ke palembang sehingga hasil print out saldo awal kepersertaan 2005.(th 2005 status kantor tempat saya bekerja meningkat menjadi menjadi cabang penuh di palembang sehingga penyetoran di ambil alih kantor cabang palembang)

    sekarang saya sudah mencairkan jamsostek tersebut namun dari print out tanda terima jamsostek tersebut awal kepersertaan saya 2005. apakah saldo saya dari tahun 2003 sampai 2005 (yang penyetoran iuran saldo dijakarta) tersebut telah tergabung ke pencairan yang saya lakukan . begitu pak ,. terima kasih atas pencerahannya

    • Mapays Expert mengatakan:

      pada printout asldo tersebut tertera saldo awal tidak?
      kalo saldo awal = 0 berarti saldo tersebut belum gabung, tetapi kalo saldo awal tidak = 0 (ada nilai saldonya), maka saldo sudah tergabung.
      terima kasih

      • Ai Na mengatakan:

        Siang Pak, saya ingin menanyakan, bagaimana cara mendaftarkan Klinik atau Balai Pengobatan Umum agar dapat menerima/melayani jamsostek?? dengan kata lain sebagai Provider yg bekerjasama langsung dengan Jamsostek??
        Terimakasih Sebelumny

        • Mapays Expert mengatakan:

          siang, ibu ajukan proposal saja ke kantor jamsostek terdekat.
          kalo punya teman klinik/BP yg sudah kerjasama dengan jamsostek, ibu bisa konsultasi apa saja yg diperlukan.
          atau lebih baiknya ibu datang ke kantor jamsostek menemui kepala bidang pelayanan JPK utk konsultasi lebih lanjut.
          terima kasih

  30. Dalyadi Doel mengatakan:

    Selamat Siang Bapak.
    Sharing kasus tentang JHT Jamsostek nih, mungkin ada rekan yang pernah mengalaminya, baru-baru ini saya coba cek saldo JHT saya di kantor cabang,yang kepesertaannya sudah sejak tahun April 2003, terekam saldo saya adalah Rp.0,-. Dari keterangan cabang setempat (Tangerang) saya disarankan konsultasi ke cabang pembukaan kepesertaan yaitu ke Cabang Cilandak 1(Dulu saya didaftarkan saat bekerja di Jakarta Selatan). Singkat cerita di kantor cabang cilandak1 terekam Amalgamasi seluruh saldo yang ada pada Januari 2005 ke cabang Bogor 2 (Saya pernah bekerja di daerah Cileungsi Bogor thn 2004-2005 JHT melanjut dg nomor lama). Kemudian saya direkomendasikan ke Cabang Bogor 2 di Jl. Cileungsi-Jonggol (hati sudah mulai lelah), sesampainya di cabang Bogor 2 berikut antriannya mendapat jawaban “Tolong tinggalkan data-data asli Kartu peserta JHT berikut Paklaringnya, akan diurus oleh bagian IT karena data Cabang Bogor 2 juga BLANK”…(???). Saya mencoba melapangkan dada saya yang agak sesak, saya membayangkan bagaimana kalau saya hari tersebut naik angkot (saya pinjam motor saudara dari Tangerang-Jakarta Selatan-Cileungsi) dan masih harus berdoa agar team IT Jamsostek cabang Bogor 2 mengerjakan telusur data dana simpanan JHT saya seperti semangatnya Pak Dahlan Iskhan membela hak-hak konsumen BUMN…

    • Mapays Expert mengatakan:

      selamat pagi,
      terima kasih atas sharing yang bapak sampaikan.
      jadi tanggapan saya mengenai kasus bapak adalah :
      bahwa terjadi gagal amalgamasi dalam sistem aplikasi, bukan saldo bapak yang hilang/menjadi 0.
      amalgamasi adalah proses penggabungan saldo dari 1 kpj ke kpj yg lain. tetapi dalam prosesnya, dalam melakukan penggabungan tersebut terhenti di tengah jalan,
      bisa jadi karena jaringan komputer yg sedang trouble, atau pasokan listrik pada saat itu.
      saldo yg tergantung tersebut masih bisa ditemukan dan dicari.
      bapak tenang saja utk hal tersebut, pasti ketemu.
      bapak bisa menghubungi via telp, utk melakukan konfirmasi pencarian saldo bapak.
      terima kasih telah menunggu,
      semoga bermanfaat..
      terima kasih

  31. Budi mengatakan:

    assalamua’alaikum…
    pa mau nanyain bagaimana proses mengajuakan biaya berobat akibat kecelakaan kerja kepada jamsosotek,apakah benar untuk mengajukan biaya tersebut dari pt harus nunggu dulu tagihan biaya berobat dari rumah sakit dulu,baru pt mengajukan ke jamsostek?soalnya ketika saya di operasi dan kontrol sudah melampirkan kwitansi biaya nya ke pt.kata pihak pt nugggu tagihan dari rumah sakit dengan kwitansi biaya yg asli baru dari pihak pt akan mengajukan ke jamsostek.soalnya kwitansi biaya yang saya lampirkan ke pt hanya copy nya aja.
    mohon penjelasannya.
    terimakasih atas perhatiannya
    wassalamualaikum…

    • Mapays Expert mengatakan:

      walaikumsalam,
      maaf baru sempat saya balas, karena baru selesai diklat di Jogja.
      Iya pak, utk pengajuan klaim memang harus yang asli, bukan copyan ataupun legalisir utk menghindari klaim double.
      harap maklum.
      terima kasih,semoga lekas sembuh.

  32. irma mengatakan:

    Siang pak,
    Pak ada hal yang membingungkan waktu saya cek JHT via online. Keanggotan jamsostek saya 02-2008. Akhir bulan Juli 2011 saya keluar dari perusahaan A dan pindah ke perusahaan B, tetapi selama diperusahaan B saya tidak melakukan perubahan data apapun terkait jamsostek. Baru pada bulan Juli 2012 saya melakukan perubahan data jamsostek sesuai tempat kerja saya yang baru di perusahaan B (tetap pakai kartu JHT lama hanya nama perusahaan yang berbeda). Di buku JHT tersebut tertera sbb :
    Saldo awal : 0
    Jumlah iuran : xxxx
    Bunga saldo : xxxx
    Bunga iuran : xxxx
    Amalgamasi saldo masuk : xxxxx
    Amalgamasi saldo masuk : xxxxx
    Total JHT samapi sept 2012 : xxxxx (padahal ini sudah oktober 2012)
    Pertanyaannya :
    1. kenapa saldo awal saya 0
    2. kenapa ada 2 amalgamasi dimana yang pertama nilainya sudah jutaan tapi amalgamasi kedua hanya puluhan ribu
    3. kenapa total hanya ditulis sampai sept.2012 padahal sudah bulan oktober 2012
    4. apakah JHT diperusahaan 1 sudah digabung ke perusahaan 2?
    Mohon penjelasannya ya pak, terima kasih.

    • Mapays Expert mengatakan:

      selamat pagi, maaf baru saya balas.
      long weekend…(harap maklum)

      jawaban pertanyaan ibu hanya 1,
      yaitu : dalam websites mengenai pengecekan saldo sudah dijelaskan secara rinci dalam runing teks website, bahwa pengecekan saldo online bersifat sementara.
      yg valid digunakan dalam nominal saldo JHT adalah yg ada dalam system(kantor) bukan di website.karena system dan website tidak terkoneksi secara langsung.
      jadi saran saya, apabila ibu ingin saldo yg valid. ibu cek di kantor cabang jamsostek terdekat/terdaftar.
      terima kasih

    • Mapays Expert mengatakan:

      kkalimat ini saya copas di website pengecekan JHT.
      Mohon diperhatikan..
      “Informasi ini hanya bersifat tampilan saldo pada waktu tertentu dan tidak dapat digunakan sebagai dasar untuk pengajuan klaim, Apabila terdapat perbedaan saldo antara Informasi website dengan saldo yang tercatat pada administrasi PT. Jamsostek(Persero), maka yang dipergunakan adalah saldo yang tercatat pada administrasi PT. Jamsostek(Persero).”

  33. Tri mengatakan:

    Salam pak, Saya pemegang JPK Jamsostek, saya mengalami sakit di perut setelah di periksa ada kista dan dokter tersebut menyarankan untuk di operasi, waktu pemeriksaan saya tidak dilakukan ke PPK I dan langsung ke spesialis kandungan. Pertanyaannya bila saya akan melakukan operasi kista yang saya lakukan adalah meminta rujukan ke PPK I untuk mendapat rujukan ke Rumah sakit jaringan Jamsostek, apakah semua biaya tersebut di cover jamsostek. Terima kasih

    • Mapays Expert mengatakan:

      apabila sudah mendapat rujukan dari dokter PPK1,
      maka operasi sesuai dengan rumah sakit yg ditunjuk/rumah sakit kerjasama jamsostek.
      biaya yg ditanggung oleh jamsostek adalah biaya kamar dasar kelas 3 utk RS swasta, dan kamar kelas 2 utk RSU.
      utk obat2an hanya obat2an dasar standart jamsostek yg ibu tidak bayar,
      apabila ada obat2an lain diluar standart jamsostek, maka ditanggung sendiri oleh TK/pasien.
      jamsostek tidak bisa memaksakan ke pihak RS agar yg diberikan hanyalah obat2an dasar,
      dan kami tidak bisa memaksakan kepada ibu kalau misalnya ibu dirawat di kelas 1/VIP.
      biaya yg diganti tetap sesuai standart jamsostek, apabila ada selisih biaya. maka ditanggung selisihnya oleh TK/pasien.

      terima kasih,
      semoga membantu

  34. julia mengatakan:

    mau tanya kalau suami punya kartu jamsostek,apakah biaya melahirkan sepenuhnya ditanggung oleh jamsostek atau hanya digantikan Rp 500.000,- saja? dan setiap cek up itu kita bayar lagi atau tidak?
    dengan kondisi :kami datang ke rs yang terima jamsostek dan anak pertama.
    trims…

    • Mapays Expert mengatakan:

      tergantung program yang diikuti oleh perusahaan.
      ada dua kartu di jamsostek,
      kartu KPJ : berisi kepesertaan jamsostek dan saldo
      kartu KPK : utk berobat.

      ada perusahaan yang mendaftar program full paket : JKK, JKM, JHT, dan JPK
      ada yang paket: JKK, JKM, JHT

      bisa jadi ikut program kesehatan, tapi hanya TK yg ditangung. bisa jadi didaftarkan dengan keluarga tapi data keluarga belum di update.
      jadi sebaiknya di tanyakan ke pihak HRD, apakah biaya kesehatan utk keluarga di tangung?
      jika memang perusahaan ikut program kesehatan utk TK dan keluarga, maka jamsostek akan layani.

      biaya persalinan Normal sekarang naik menjadi : 750.000

      saran saya : sebaiknya dikonsultasikian dahulu

      terima kasih

  35. budi mengatakan:

    Assalamualaikum,,,
    smoga slalu dalm rahmat Allah SWT..amiin.
    saya mau sering lagi mengenai JKK,,,
    jari telunjuk sebelah kanan saya kena mesin,di operasi habis biaya 9 jt,hasilnya jari telunjuk kurang dari seruas ( daging telunjuk tapi tidak sampai kena tulang telunjuk ) hilang, sehingga mengambil daging dari telapak tangan untuk menambalnya.
    1. apakah saya mendapatkan uang santunan cacat?apakah terhitung satu ruas tangan santunan cacatnya?
    2. santunan ( gajih) karena tidak bisa masuk kerja di hitung 1 bulan gajih atau jumlah hari yang tidak masuk kerja aja?
    3. disamping mendapatkan santunan uang cacat, katanya juga mendaptkan UANG KAGET ( trauma ). uang kaget ini dari pihak jasmsostek atau pihak PT sendiri?
    Terimakasih atas segala perhatiannya.
    wassalamualaikum…

    • Mapays Expert mengatakan:

      walaikumsalam,,,
      amiin YRA..
      terima kasih doanya..
      pertama-tama saya pribadi haturkan rasa simpati yg sedalam dalamnya terhadap musibah yg telah bpk alami. semoga ada hikmah positif dibalik peristiwa tersebut.

      saya mencoba membantu menjawab pertanyaan bpk nomor :
      1. apabila kecelakaan tersebut masuk kedalam kategori JKK, maka bapak akan mendapat santunan cacat kecelakaan kerja yaitu :
      Santunan Cacat Sebagian s.d cacat tetap: % tabel x 80 bulan upah, atau
      cacat Total-tetap mendapat santunan Sekaligus: 70 % x 80 bulan upah, atau
      cacat Kurang fungsi: % kurang fungsi x % tabel x 80 bulan upah,
      ditambah uang santuan Berkala (selama 2 tahun) Rp 200.000,- per bulan*,
      pihak jamsostek akan melakukan verifikasi terhadap klaim yg diajukan,

      2. dihitung dari jumlah hari tidak masuk kerja,
      namanya bukan santunan gaji, tetapi santunan Sementara tidak mampu bekerja, besaranya adalah :
      utk Empat (4) bulan pertama, 100% upah,
      jika blm masuk pada 4 bulan ke 2, maka Empat (4) bulan kedua, 75% upah
      Selanjutnya 50% upah sampai diputuskan PHK oleh pihak perusahaan.
      jadi bukan gaji dobel yg didapat, gaji tetap perusahaan yg membayar, hanya perusahaan mengklaimkan gaji/santunan sementara tidak mampu bekerja yug diberikan kpd.
      sehingga perusahaan tidak membayar gaji karyawan yg tidak masuk karena kecelakaan kerja, tapi yang membayar gajinya adalah jamsostek.
      hitunganya harian pak.

      3. kalo uang kaget tidak ada di jamsostek pak, mungkin diperusahaan bapak sendiri.

      baik pak, semoga lekas sembuh dan jamsostek bermanfaat utk tenaga kerja dan keluarga.
      amiin,
      terima kasih,
      salam,

  36. budi mengatakan:

    Assalamualaikum…
    menanggapi penjelasan bapak…alhamdulilah saya sudah sembuh dan bisa bekerja kembali,,tapi sampai saat ini sudah 7 bulan dari kecelakaan, belum ada pemberitahuan mengenai nasib JKK saya,bahkan santunan tidak masuk kerja pun belum di bayar.jangka waktu hak saya selaku korban kecelakaan kapan di berikan, apakah ada waktu tertentu atau ada proses lain sehingga informasi semuanya bisa telat sampai sekarang?
    wassalam…

    • Mapays Expert mengatakan:

      walaikumsalam, alhamdulillah kalo sudah sembuh.

      untuk santunan JKK terkait dengan santunan cacat dan santunan sementara tidak mampu bekerja lebih baiknya bapak tanyakan ke pihak HRD perusahaan bapak.
      sebenarnya pengajuan klaim JKK sudah diajukan atau belum? terus tanyakan bagaimana prosesnya. status diajukan/pending/ditolak atau bagaimana pak.

      kalo jangka waktu dalam proses klaim kadaluarsa dalam waktu 1 tahun.

      catatan::hal-hal buruk yg dilakukan oleh pengurus jamsostek perusahaan sering kali menimbulkan image yg negatif terhadap jamsostek. padahal jamsostek mempunyai standar mutu dalam penyelesaian kasus. tidak ada yg lama di jamsostek, tidak ada yg tidak selesai dijamsostek,

      terima kasih, semoga bermanfaat.

  37. Nissa mengatakan:

    Selamat pagi Pak..saya mau tanyakan, jika seseorang memiliki 2 perusahaan dan dia tercatat sebagai direksi di kedua perusahaan yang dia miliki, apa dia wajib terdaftar Jamsostek dari kedua pemberi kerja itu ?

    Saat ini direksi tersebut sudah tercatat dibayarkan premi nya oleh perusahaan yang pertama, perusahaan A.

    Mohon jawabannya apakah di perusahaan B direksi wajib didaftarkan Jamsostek juga ?

    • Mapays Expert mengatakan:

      Selamat sore, Wajib menjadi peserta di kedua perusahaan tersebut. Direksi tersebut pasti ada kegiatan dinas dimasing2 perusahaanya.

      Contoh kasus: jika direksi tersebut hanya terdaftar peserta jamsostek di perusahaan A, kemudian menjalankan tugas di perusahaan B dan terjadi kecelakaan kerja. Maka Jaminan kecelakaan kerjanya tdk bisa di klaim krn terdaftar di perusahaan A.

      Oleh krn itu, utk mengalihkan dan meminimalisir risiko mohon diikutkan dikedua perusahaan tersebut. Terima kasih.

  38. supiatna mengatakan:

    ASS…maaf pak saya mau nanya,,apakah saya bisa ganti dokter umum yang tertera di jpk saya dengan dokter/klinik yang lebih dekat dengan alamat saya ? soal nya dokter yang tertera di jpk sekarang ter lalu jauh dari tempat saya tinggal..bagai mana cara nya ?? terima kasih.

    • Mapays Expert mengatakan:

      WWW.
      bisa asal dokter tersebut bekerja sama dengan jamsostek.
      aturanya sih bisa ganti setelah minimal 6 bulan.

      syaratnya : isi Formulir Perubahan data TK ( formulir 1A)
      isi selengkap lengkapnya beserta nama dokternya.
      lampirkan Copy KPJ dan Copy KK/KTP
      terima kasih

  39. Mateus Dwi Puji Purwanto mengatakan:

    Salam sosial Pak Mardi,

    Sedikit berbagi dari saya mengenai pertanyaan yang menggankal :
    1. menyangkut usianya sudah 58th , apakah masih bisa didaftar sebagai peserta JAMSOSTEK, menurut AO saya, yang penting ybs masih aktif bekerja dan terdaftar sebagai karyawan perusahaan. Tapi saya cek ke form pengambilan JHT tercatat syarat maksimal berumur 55th. Jadi agak bingung pak, mohon diberikan pencerahan.
    2. Satu lagi pak ,maaf..apakh bisa 1 NPP dibuat 2 unit program baik NPK dan NON JPK, terahkir
    3. Bagaimana prosedur JPK mulai pembayaran(prosentase untuk perusahaan dan karyawan ), PPK apakah berubah.benefit yang diterima.

    Terimakasih banyak atas perhatian dan kerjasamanya.

    Salam sosial
    Mateus DPP

    • Mapays Expert mengatakan:

      salam pak Matheus,
      mohon maaf, saya 1 mingu ini dinas ke luar. (bandung dan jakarta)

      baik pak langsung saja jawaban atas pertanyaan bapak nomor :
      1. sesuai dengan PERMEN 20 th 2012 , Pasal 1A (1) Pengusaha wajib mendaftarkan dirinya dan tenaga kerjanya dalam program jaminan sosial tenaga kerja kepada Badan Penyelenggara.
      disini tidak menyebutkan usia TK, berarti semua TK tanpa kecuali wajib dilindungi dan mendapatkan hak jamsostek.
      dalam form pengambilan JHT, maksudnya syarat utk mengambil JHT pak, bukan mendaftar menjadi peserta jamsostek.
      kalo tidak didaftarkan, nyata-nyata TK tersebut memang aktif bekerja, lantas siapa yang menjamin JAMSOSTEK nya apabila terjadi hal2 yg tidak diinginkan?

      2. 1 NPP bisa dibuatkan menjadi beberapa unit (bisa sampai 10 unit/divisi), syaratnya jangan sampai menunggak iuran dalam salah satu unit/divisi. apabila ada yang menunggak salah satunya maka akan dihitung telat bayar 1 NPP. denda terbentuk hasil output system

      3. prosedur utk JPK ada kenaikan dalam pembayaran, saat ini yang diberlakukan adalah pembayaran 2x PTKP (pendapatan tidak kena pajak). akan tetapi utk perolehan manfaatnya bertambah banyak,
      utk lebih jelasnya bapak baca PERMEN 20 Tahun 2012 revisi dari permen 12

      terima kasih semboga membantu,
      salam

  40. Andre mengatakan:

    Mohon bantuan

    Saya mau tahu prosedur amalgamasi dan dimana bisa mendownload soft copy formnya, apa juga berkas-berkas yang harus disiapkan?

    Terima kasih

    • Mapays Expert mengatakan:

      Formnya ada di Kantor Jamosostek,
      utk prosedur amalgamasi atau penggabungan saldo,
      syaratnya: salah satu diantara kartu KPJ yang akan digabung harus aktif. proses penggabungan kartu dilakukan di kantor cabang jamsostek aktif, misal anda pernah bekerja di JAKARTA, PAPUA, SEMARANG, dan SURABAYA. sekarang anda aktif bekerja dan terdaftar di jamsostek di LAMPUNG. maka proses amalgamasi dilakukan di lampung.
      isi formulirnya dengan dilampirkan :
      1. KPJ aseli yang akan diamalgamasikan
      2. foto copy KK, KTP, dan KPJ
      3. surat keterangan bekerja diperusahaan yang bapak pernah bekerja.

      nanti yang akan dipertahankan adalah KPJ dengan nomor tertua, yang terlama/tertua akan dipertahankan.
      jadi anda akan pegang kartu KPJ terlama/tertua, KPJ terbaru akan di gabungkan saldonya, dan dihanguskan fisiknya.

      setelah mengajukan amalgamasi, minta bukti tanda terima.
      prosesnya bisa 1 hari sampai 7 hari, tergantung antrian.

      terima kasih semoga membantu
      salam

  41. etin mengatakan:

    saya mo tanya pak, sayajadi peserta jamsostek februari 2013, bln november sya resign n masuk pt lain, dan pt baru saya blm masuk kepesertaan jamsostek, apakah saya masih tercover oleh jamsostek? kalo saya ingin membayar premi sendri, bagaimana prosedurnya? tq

    • Mapays Expert mengatakan:

      maksud bapak masuk jamsostek februari 2012, kemudian resign november 2012.

      sesuai dengan PERMEN (Peraturan Menteri) No 20 tahun 2012 bahwa Dalam hal pengusaha telah nyata-nyata lalai tidak mendaftarkan tenaga kerjanya sebagaimana dimaksud pada ayat (1), maka tenaga kerja dapat mendaftarkan dirinya sendiri dalam program jaminan sosial tenaga kerja kepada Badan Penyelenggara.

      bapak bawa identitas dan Kartu Jamsostek bapak, bawa surat keterangan bekerja di perusahaan yang baru.
      daftarkan sendiri ke jamsostek. itu adalah tanggungan perusahan pak.

      terima kasih

      • etin mengatakan:

        terimakasih sdh dijawab pak, satu pertanyaan lagi, selama saya blm daftar sendiri ke kantor jamsostek terdekat, apakah saya msh bisa menggunakan kartu jamsostek saya untuk berobat?
        terimakasih before mas

  42. Mateus Dwi Puji Purwanto mengatakan:

    Dear Pak Mardi

    Salam sosial…..

    Sedikit ingin bertanya; th 2014 BPJS mulai berjalan, bagaimana pelaksanaan JPK, apakah masih ada atau berganti nama program.

    matur nuwun
    Mateus DPP

    • Mapays Expert mengatakan:

      salam pak Mateus,

      BPJS kesehatan ketok palu per tanggal 1 januari 2014, PT askes dinyatakan bubar tanpa likuidasi. PT askes diberi amanah untuk menjalankan BPJS Kesehatan,
      program JPK jamsostek akan melebur ke BPJS Kesehatan.
      1 januari 2014, Program JPK Jamsostek sudah tidak ada lagi, akan tetapi kepesertaanya akan dialihkan ke BPJS Kesehatan. system dan prosedurnya seperti apa, saya sendiri belum memahami secara mendalam. yang jelas program JPK, akan jamsostek serahkan ke BPJS Kesehatan, aturan dan preminya blm dapat diketahui pak.

      PT Jamsostek dinyatakan bubar tanpa likuidasi dan berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan.
      sifat kepesertaanya masih sama seperti yang sekarang ini, hanya ada 3 program (JKK, JKM, dan JHT).
      akan tetapi kedepan, sakit / klinik/ dokter2 kerjasama jamsostek akan dialih fungsikan menjadi trauma center Kecelakaan kerja,.

      jadi bapak tidak perlu kuatir, semuanya itu sudah dituangkan dalam undang2.

      mathurnuwun,
      semoga membantu pak,

      Salam

  43. dani nurdiansyah mengatakan:

    pagi pak…
    saya mau tanya… saya sekarang ada di daerah surabaya dan istri saya sedang hamil dan mau melahirkan.. di bali .. apakah kartu jamsostek bisa di pakai di daerah bali sedangkan kartu berobat nya di daerah surabaya… terimakasi..

    • Mapays Expert mengatakan:

      Pagi, untuk kartu berobat tidak bisa dipakai. karena sesuai dengan dokter yang tertera.
      bapak bisa melakukan reimbursmen.
      mohon nota beserta kuitansi dan resume medis dikumpulkan utk di klaim reimburs.
      terima kasih

  44. bella mengatakan:

    Siang mas

    Mas mau tanya,,sebelum perusahaan saya ikut jamsostek saya pernah divonis kista…tapi belum saya operasi karena saya takut dioperasi tetapi dengan berobat alternatif.

    Pada suatu ketika perut saya sakit & dibawa kedokter yang bukan PPK

    Akhirnya perusahaan tempat saya bekerja ikut JAMSOTEK baru Januari Desember 2012,,dengan alasan semakin banyaknya pekerja diperusahaan tersebut

    pertanyaan saya:
    1. Dengan masa kepesertaan Jamsostek yang masih baru tersebut,apakah saya bisa dioperasi & dibayar full oleh Jamsostek ?

    2. Apakah Berpengaruh dengan masa Kepesertaan yg masih baru,tetapi dengan vonis kista saya yang belum jadi peserta Jamsostek

    Terima kaasih atas infonya,,Semoga Alloh SWT membalas kebaikan mas

    • Mapays Expert mengatakan:

      siang, maaf baru jawab karena cuti.
      jawaban nomor :
      1 dan 2. masa kepesertaan tidak berpengaruh terhadap perlindungan perserta. jika sudah terdaftar maka manfaatnya sama dengan TK yang lain, maka kasus ibu bisa di tanggung penuh sesuai prosedur yang ada.

      terima kasih, semoga lekas sembuh

  45. ayuk mengatakan:

    mo nanya pak .. untuk jht amalgasi ap bisa di ambil jika kpj pertma masa kerja 2006-2007 kpj 2 periode 2009-2013 dgn perusahaan yg sama.. mohon info…

  46. nini mengatakan:

    selamat siang pak….
    mau tanya jumlah tanggungan jamsostek untuk biaya persalinan normal dan cesar berapa ya…
    terima kasih

    • Mapays Expert mengatakan:

      selamat siang,
      tanggungan utk persalinan normal : 750.000
      utk secar indikasi medis: 100% rumah sakit umum kelas 2

      Fotocopy JPK suami/istri. Dua-duanya pokoknya.
      Fotocopy KTP suami/istri. Dua-duanya juga.
      Fotocopy KK. Kalo masih baru punya anak satu, biasanya kan belon pada punya KK atas nama suami tuh. Boleh atas nama keluarga masing-masing. KK suami sama KK kita.
      Fotocopy Surat Keterangan Lahir dari bidan.
      Kwitansi (asli) yang bermeterai dan kena stempel juga tandatangan bidannya. Ini harus nih, tar klo ngga bisa balik lagi.
      Surat Keterangan Kerja dari perusahaan peserta JAMSOSTEK.

      • deasy mengatakan:

        Pagi……. saya mau tanya nih pak, suami saya ikut jamsostek. saya melahirkan anak kedua smpai skrg blm sempat klaim krn waktu suami yang tidak bisa. Sampai usia anak brp bln kita msh bisa klaim biaya persalinan itu pak… anak saya lhr bln Agst 2012, sebenarnya suami saya sudah coba klaim semua sdh dilengkapi, namum pada saat sampai di jamsostek cs berkata untuk proses klaim anak saya hrs py akta lahir terlebih dahulu, kebetulan kami pada saat itu blm mengurus akta lahir anak ke dua krn saya juga msh blm habis masa nifas. Hingga sampai skrg suami saya malas dan tidak bisamenyempatkan diri lagi ke jamsostek.Saya juga tleah baca komen2 diatas syarat akta lahir anak tdk ada disebutkan apa hanya pinter2 cs saja menambahkan syarat yg tidak termaksud dlm klaim? tq

        • Mapays Expert mengatakan:

          kalau utk klaim persalinan akta kelahiran itu memang wajib ibu,
          lengkapi saja syaratnya, akta itu kan memang penting utk anak.
          kalo tidak diurus nanti anak gak punya akta utk daftar sekolah dll.
          kalo bisa sebelum 1 tahun pengajuan bu,

          terima kasih

  47. Nita mengatakan:

    Pagi pa saya mau tanya suami saya kan peserta jamsostek saya pun sudah didaftarkan melalui perusahaan tmp suami sy bekerja & kami sudah mendapat keru pemeliharaan sehat yg baru tp disitu tdk tertera untuk r.bersalin bagaimana pa cara agar sy bisa mendapatkannya karna kebetulan sy sedang mengandung anak pertama?

    • Mapays Expert mengatakan:

      pagi bu Nita,
      RS. Bersalin memang tidak semua terdapat.
      namun jika dikartu ibu tidak tertera RS Bersalin, ibu tetap bisa menggunakan fasilitas tersebut.
      ibu bisa menggunakan fasilitas reimbursmen.
      biaya utk persalinan nomal maksimal : 7500000
      persalinan cesar (indikasi medis) : maksimum 100% RSU kelas2 dan RS swasta kelas 3.
      terima kasih

  48. Joko Santoso mengatakan:

    Yth.Bp.Mapays K

    Saya bekerja di Yayasan Abdi Karya Bid.Pendidikan …Pada thn.2009 saya di mutasi ke SMP Pamor Cikampek sebagai Kepala Sekolah.dan pada ssat itu saya mengikuti 4 Program Jamsostek secara lengkap di Kantor jamsostek Karawang.Ketika saya Mutasi balik ke Jakarta Tunjangan Pemeliharaan Kesehatan tidak diikutkan dalam Program Asuransi Jamsotek oleh Yadika.Sehingga sampai saat ini kami tdk ada perlindungan Kesehatan tpi kami sangat ingin Memulihkannya walau secara pribadi cara pembayarannya.langkah apa yang hrs saya tempuh pak.

    Terimakasih
    Salam Hormat

    Joko Santoso,S.Pd

    • Mapays Expert mengatakan:

      Terima kasih atas atensinya Bpk Joko Santoso,
      apabila bapak ingin mengikutsertakan secara pribadi utk jaminan kesehatanya, langkahnya adalah :
      1. bapak berkoordinasi dengan pihak HRD/Personalia yayasan bapak, sampaikan keinginan bapak utk ikut serta dalam program kesehatan jamsostek secara pribadi.
      karena program kesehatan berdiri 1 paket dengan program yang lain yaitu : kecelakaan kerja, kematian, dan hari tua, JPK/kesehatan tidak bisa berdiri sendiri/daftar sendiri.
      sehingga perlu dikoordinasikan dengan pihak HRD agar bisa didaftarkan JPK nya, karena terkait dengan pembayaran preminya.
      2. kalo point 1 sudah OK/ACC bapak mengisi kembali formulir 1A dilampirkan dengna copy kartu KPJ jamsostek.isikan data secara lengkap, berikut nama istri dan anak dan balai pengobatanya. (daftar Balai pengobatan / dokter keluarga bisa minta di jamsostek terdekat).

      apabila ada pertanyaan/kendala bapak bisa menghubungi email saya di : mardi.kurnianto@gmail.com

      terima kasih

  49. Dagol Digul mengatakan:

    untuk operasi mastoidektomi apakah biayanya di cover oleh jamsostek? saya ikut kepesertaan jamsostek kurang lebih 2 tahun. tolong jawabannya segera, sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  50. juli mengatakan:

    Bapak, saya mau tanya, saya sudah bekerja selama 5 bulan di suatu perusahaan, tiap bulan sudah dipotong untuk jamsostek 2% dari gaji saya, tapi saya belum terima kpj sampai sekarang, tiap tanya ke hrd jawabnya selalu “dalam proses” sedangkan saya jg merasa belym pernah isi formulir pendaftaran jamsostek….apakah saya bisa cek kepesertaan saya lewat online? Saya ingin tahu apakah saya benar sudah didaftarkan belym oleh hrd di tempat saya bekerja…terimakasih…

    • Mapays Expert mengatakan:

      memang utk pendaftaran perlu proses.
      kalo di jamsostek sendiri, asal data perndaftaran tenaga kerja sudah masuk kemudian iuran sudah dibayarkan, paling lama 1 minggu kartu sudah tercetak.

      bisa jadi,kartu sudah dicetak, namun belum sempat diambil oleh pihak HRD perusahaan bapak.
      kalo mau tanya cek kepesertaan bisa datang langsung ke jamsostek tedekat, minta ke petugas CSO utk mengecek data kepesertaan bapak dengan membawa KTP atau KK.
      terima kasih

  51. Sari mengatakan:

    Pak, kantor kami berencana mau ikut peserta Jamsostek. Bagaimana prosedur nya Pak? Langkah-lanhkah apa saja yang kita lakukan serta dokumen yang disiapkan? Mohon penjelasannya Pak

    • Mapays Expert mengatakan:

      iya mbak,
      prosedur seperti biasa mbak,
      yang perlu disiapkan adalah :
      1. Formulir 1 (pendaftaran perusahaan)
      2. formulir 1a (pendaftaran TK)
      3. iuran pertma

      formulir2 tersebut bisa ibu dapatkan dengan datang ke kantor jamsostek, bilang kepada security : pak mau daftar perusahaan baru, atau ibu minta ditemukan dengan AO Jamsostek.
      ibu minta penjelasan terkait program dan pendaftaran nanti akan diarahkan.

      lebih baik ibu datang dulu sendiri atau dengan pihak keuangan utk konsultasi dengan AO jamsostek.

      terima kasih

    • Mapays Expert mengatakan:

      persyaratan dan prosedurnya bisa langsung datang ke PT jamsostek,
      namun bila tidak ada wkt luang ibu bisa minta bantuan kepada AO jamsostek terdekat utk melakukan sosialisasi dan penjelasan ke perusahaan ibu.
      nanti ibu dikunjungi, gratis tanpa biaya.
      namun tidak menutup kemungkinan, ibu bisa minta bantuan ke Pihak ke III seperti bapak Matheus,
      bapak matheus sangat berpengalaman dalam hal Jamsostek.
      ini kontaknya :
      “salam sosial”
      Mateus DPP
      0858 1155 8815
      pin 2A398B0D

      terima kasih

  52. Mateus mengatakan:

    Dear Pak Mapay Kurnianto

    Mohon ijin Pak, jika rekan Sdri Sari akan daftar, kami dapat bantu jemput bola( antar jemput data), silahkan hub kami (alamat telp dibawah ini)

    Selamat datang di Ibu Kota ya Pak, semoga dapat memberikan nuansa yang baru di tempat kerja Bapak yang baru.

    Bersama ini kami ingin mengajukan pertanyaan seputar benefit program JPK :

    1. Apakah di cover penyakit yang bersifat generatif ( Hipertensi,diabetes dll) dikarenakan pasti akan membutuhkan obat secara kontinyu, terus terang saya agak kebingungan menjawab pertanyaan dari perusahaan mengenai hal ini
    2. Ada kasus : si a sudah dapat KPJ dan belum dapat JPK, suatu saat dia operasi paru2 di rumah sakit provider (PPK II), apakah hal ini dapat dilakukan reimburcement.

    Demikian yang dapat kami sampaikan, atas perhatian dan waktu yang diberikan diucapkan terimakasih.

    “salam sosial”
    Mateus DPP
    0858 1155 8815
    pin 2A398B0D

    • Mapays Expert mengatakan:

      Baik pak Mateus,
      terima kasih atas atensinya,.,..

      ini saya dapat jawaban bantuan dari rekan saya di pelayanan teknis :

      kl no 1 itu bisa ditanggung mas asal sesuai prosedur, kan kl DM/hipertensi itu mang hrz selalu kontrol,,,biasanya dokter kasih kontrol ulang lg,,,
      nanti ikutun aja kontrol dari dokternya

      kl no 2 seharusnya minta kpk sementara,,,,biar bisa berobat n tau t4 kerjasama ppk 1 dan 2
      kl untuk reimbust bisa aja asal kuitansinya asli dan lengkap dan ada resume medisnya ntr biar diverifikasi oleh.verifikatornya jpk,
      namun untuk reimbursmen harus berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter PPK 1 nya.

      utk sodari Sari, bisa menghubungi bapak Matheus.

      terima kasih pak

  53. Alfin mengatakan:

    Sesulit apakah untuk mengurus mutasi jamsostek dalam satu perusahaan.

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih.

    • Mapays Expert mengatakan:

      tidak ada yg sulit dijamsostek, asal semua sesuai prosedur maka layanan kami one day service.
      utk pendaftaran terima kartu kepesertaan maksimal 7 hari kerja, tapi pencetakan kartu baru sesuai dengan iuran yang sudah distorkan.

      utk pengurusan mutasi kepesertaan dalam 1 perusahaan, HRD/personalia perusahaan hanya melaporkan dalam laporan bulanan.
      sekian semoga membantu,salam

  54. Riadi mengatakan:

    Sore Bapak yang budiman,

    mohon pencerahan…perusahaan saya berlokasi di Jakarta Pusat (Harmoni) saat ini, namun kepesertaan perusahaan dan seluruh karyawan terdaftar di Jamsostek cab.Gatot Subroto 3 (Jaksel) oleh karena kantor kami dulu berdomisili didaerah Tebet. Kalau kita mau mutasi / pindah kepesertaan secara keseluruhan (perusahaan dan karyawan) supaya tidak repot dan jauh kalau mau urusnya (apalagi saat ini kantor Jamsosteknya sudah pindah tambah jauh ke mampang prapatan)..bagaimana syarat-syarat untuk proses mutasi tersebut ? apakah harus keluar dahulu dan mendaftar awal lagi atau ada cara yang tidak rumit, dalam arti pihak jamsostek yang memindahbukukan mutasi tersebut secara prosedur internal ? Mohon pencerahannya dan terima kasih sebelumnya atas penjelasan dari Bapak…salam sukses…Riadi.

    • Mapays Expert mengatakan:

      selamat sore,
      untuk kepesertaan sifatnya sama, mau mendaftar dikantor jamsostek manapun sifatnya sama.
      apabila bapak menghendaki pindah kepesertaan ke kantor jamsostek terdekat syah-syah saja, namun hal ini perlu dikoordinasikan dengan AO pembina perusahaan bapak.
      atau disampaikan dengan surat resmi dari pimpinan perusahaan bapak ditunjukan kepada kepala kantor jamsostek gatsu 3 perihal pindah kepesertaan secara masal ke kantor jamsostek terdekat.
      karena supaya tidak timbul double kepesertaan dan iuran.

      sekian, semoga membantu
      salam

  55. budi mengatakan:

    Selamat malam Pak,
    Mohon maaf sebelumnya jika kurang mengikuti komen2 sebelumnya.
    Diperusahan sebelumnya saya terdaftar sebagai peserta jamsostek, tapi setelah berpindah kerja, diperusahan baru tidak mengunakan Jamsostek dan sudah sekitar 8th(terdaftar di Jamsostek) sampai sekarang saya masih bisa login dan mengecek saldo JHT saya.

    Yang mau saya tanyakan adalah sebentar lagi (15 hari lebih) Jamsostek berganti menjadi BPJS,
    apakah saldo JHT yang saya miliki tetap atau buruknya malah bisa hangus?
    Untuk pertanyaan kedua, jika tidak diambil-ambil/dicairkan apakah ada batas waktu, menimbang sudah berganti ke BPJS?
    Mohon dengan sangat Pak penjelasan dan jawaban untuk 2 pertanyaan di atas.

    Terimakasih banyak sebelumnya, mohon maaf jika ada yang kurang berkenan

    • Mapays Expert mengatakan:

      Selamat Pagi bapak,
      transformasi Jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan, tidak mempengaruhi dari saldo maupun pengembanganya.
      sifatnya masih sama, transformasi Jamsostek ke BPJS Ketenagakerjaan memmerlukan proses yang panjang,dan saldo jamsostek bersifat mutlak milik tenaga kerja sampai kapanpun.

      jadi intinya, jamsostek ganti nama dan badan publik, utk program2nya hanya JPK kesehatan yang diserahkan ke BPJS kesehatan. 3 program masih jalan seperti biasa (JKK, JHT, dan JK) sambil berjalan menunggu transformasi seutuhnya dengan asabri dan taspen.

      terima kasih, semoga membantu

  56. budi mengatakan:

    Terimakasih banyak atas penjelasannya sangat membantu sekali Pak :)

  57. anto mengatakan:

    Selamat malam pak..

    Pak saya mau tanya : pak saya punya kpk jamsostek, dan istri saya selama hamil selalu berobat di puskesmas ciracas (sesuai ppk 1) jamsostek, dan disuruh lahiran di puskesmas bila normal dan jika harus cesar baru di rujuk ke rumah sakit..pak seandainya dalam keadaan darurat saya langsung bawa istri saya ke rsud pasar rebo tanpa rujukan dari puskesmas apa dikenakan biaya untuk persalinan normal/cesar ??? , satu lagi pak nanti setelah persalinan apa saya wajib melapor ke pihak jamsostek atas penambahan keluarga (anak) maxima 7 hari setelah persalinan .. Mohon info dan jawabannya pak..tks

    Anto.

    • Mapays Expert mengatakan:

      Selamat pagi..
      Ikuti prosedur yg sudah ada.
      Apa yg disampaikan oleh ppk sudah sesuai.
      Jika dalam keadaan emergency, ke rumah sakit manapun boleh.
      Namun biaya dibayar dulu oleh bpk, krn tidak semua RS bekerjasama dg jamsostek, sehingga ketika KPK disodorkan pihak RS akan menolak.
      Bpk bayar dl biayanya, setelah semuanya selesai kemudian diklaimkan ke jamsostek.
      Mohon bisa dibaca kembali ttg prosedur berobat ppk. Ada brosurnya silakan diminta dikantor jamsostek terdekat/didokter ppk bpk.
      Semoga membantu,
      Salam

  58. anto mengatakan:

    Pagi pak..

    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas info dan jawaban dari bapak atas pertanyaan saya..pak satu lagi pertanyaan saya ; pak RSUD pasar rebo itu kan rumah sakit rujukan dari jamsostek, apa dalam emergency persalinan juga harus sistem rembes ??? Karena dari jawaban bapak gak semua Rs. Kerjasama dengan jamsostek, berarti yang sistim rembes itu kan hanya untuk RS yang tidak kerja sama dengan pihak amsostek saja kan, sedangkan yang kerjasama tidak perlu sistim rembes kan pak ?? Mohon maaf jika saya banyak pertanyaan..atas jawaban bapak saya ucapkan banyak terima kasih..

    Anto

    • Mapays Expert mengatakan:

      kalo dengan rumah sakit kerjasama, utk persalinan minta rujukan ke dokter umumnya pak, kalo bapak minta rukujan ke pasar rebo mungkin bisa. asal minta rujukan dari dokter umum yg tertera di kartu.
      kalo sudah dapat rujukan berarti tidak bayar lagi atau reimburs.
      terima kasih

  59. Siti Zulaikhah mengatakan:

    Assalamu’alaikum
    Bapak, saya mau tanya. untuk KPK kan di kartunya berlaku hanya sampai dengan 31 des 2013. apakah kartu tersebut untuk tahun depan masih tetap berlaku ? dan untuk prosedur berobat baik di PPK I maupun PPKII apakah masih sama saja? dan untuk bulan depan sistem setorannya bagaimana ya? soalnya kantor saya belum mendapat sosialisasinya

    terima kasih sebelumnya

    • Mapays Expert mengatakan:

      walaikumsalam,.,,
      kartu tersebut tidak berlaku lagi, sampai ibu ganti kartu BPJS Kesehatan,
      utk PPK1 dan PPK 2 mengikuti perturan dari BPJS Kesehatan bu, sementara ini saya belum pernah baca bagaimana prosedurnya BPJS Kesehatan.
      bulan depan setoran utk kesehatan dan lain2 akan mendapat sosialisasi dari AO BPJS Kesehatan.
      maaf, saya juga masih sama2 belajar BPJS Kesehatan.
      kalo ibu sudah dapat solusinya, mohon ibu dapat meng share informasinya kepada saya :D.
      kirim ke email : mapays@gmail.com

      terima kasih semoga membantu.

  60. adhisty mengatakan:

    Selamat siang pa..
    Saya msuk kerja dan ikut kepesertaan di jamsostek itu dri tgl 21 feb 2009 dan berakhir kontrak kerja saya pada tanggal 21 feb 2012,,pertanyaan saya apakah dana jamsostek saya bisa di cairkan pada bulan januari 2014??

    • Mapays Expert mengatakan:

      selamat siang,
      tergantung dari kepesertaan.
      kalo masuk tanggal 21 februari, oleh perusahaan dihtung masuk tanggal 1 februari atau 1 maret?
      kalo 1 maret berarti cair 1 april,
      kalo 1 februari cair 1 maret 2014.
      masa 5tahun pas atau lebih.
      terima kasih

  61. Adi mengatakan:

    Selamat siang, sangat informatif sekali web ini. saya mau nanya:
    1. Sy Ikut BPJS ksehatan di Kota Cimahi, Jika istri sy melahirkan di Cirebon di RS yg bkerja sama dengan BPJS kesehatan, apakah pembayarannya dgn cara reimburs atau tidak bayar? tp sebelumnya sy sudah meminta surat rujukan dl ke dokter PPK 1 agar istri sy melahirkan di Cirebon
    2. Apakah operasi ditanggung oleh BPJS Kesehatan? Operasi apa sj? apakah operasi Kitsa ditanggung jg? brp plafonnya.

    Maaf klo sy banyak bertanya. Mohon berkenan menjawabnya.
    Terima kasih

  62. Adi mengatakan:

    punten, kok email sy gak di jawab?

  63. perdana unicorn mengatakan:

    selamat siang pak..
    bulan depan kantor sy baru pendaftaran di jamsostek..
    yg sy ingin tanyakan, apabila bulan depan baru pendaftaran dan kantor mulai membayar jg bulan depan apakah bulan maret jamsosteknya bisa dipergunakan?
    trimakasih

  64. Lya_ iaa (@lya_iaa) mengatakan:

    permisi…
    saya bulan depan akan lahiran,, biasa kontrol dipuskesmas,, tp saya terkena hepatitis B, takut bayinya tertular, disarankan oleh puskesmas untuk lahiran di RS baik normal ataupun cesar dengan surat rujukan dr puskesmas..yg jd pertanyaan saya, apakah biaya melahirkan di RS dengan surat rujukan dr puskesmas akan di tanggung oleh jamsostek?

    terima kasih,, mohon dijawab pak :)

    • Mapays Expert mengatakan:

      Selamat sore bu, Jamsostek sudah ganti menjadi BPJS Ketengakerjaan.
      Jaminan kesehatan/JPK jamsostek sudah dialihkan ke BPJS Kesehatan/askes.

      Silakan ibu cari informasi dikantor bpjskesehatan/kantor askes terdekat.
      Terima kasih

  65. umi kulsum mengatakan:

    saya mau tanya,saya mulai bkerja jan 2009 hbis kontrak jan 2011,kmudian bkrja dprusahaan lain jun 2011 dg msa kntrak 1th,tp sblom masa kontrak hbis sa sudah kluar,….pertanyaan saya apakah JHT saya msh bs diambil?sdangkan saya hanya punya SPK(surat pgalaman krja) dr prusahaan ptama sya bkerja…dan dr prusahaan t’akhir saya tdk dpet SPK krna kluar sblom masa hbis kontrak..
    trima kasih.

    • Mapays Expert mengatakan:

      kasus 1. bekerja 2009 selesai Januari 2011.
      kasus 2. bekerja juni 2011 selesai 2012.

      jawaban pertanyaan ibu :
      syarat pencairan JHT : umur kartu 5 th, jika bekerja tahun 2009 maka 2012 sudah 5th, namun 5 tahunnya bulan apa?
      liat bulan pendaftaran jamsostek di tahun 2009

  66. umi kulsum mengatakan:

    saya ingin mengambil JHT,tp saya hanya punya SPK(srat pgalaman krja) dr prusahaan ptama sya bkerja,krna di prusahaan kedua(t’akhir)saya bekerja,saya keluar sbelum msa hbis kontrak..
    apakah JHT saya msih bs diambil?

    trima kasih

  67. umi kulsum mengatakan:

    maaf sblumx,saya mw tanya lg…
    dr pertanyaanx sblumx saya kan tdk punya SPK prusahaan t’akhir…tp sya punya printout rincian sldo JHT saya yg t’akhir…apakah itu bs dgunakan utk mengklaim JHT sya?

    trima kasih

  68. umi kulsum mengatakan:

    kok laen yg jwab?
    bner g nih?
    pnting soalx…

  69. umi kulsum mengatakan:

    dari yg sya baca sblum2x jg g pnah da yg dsrankan utk mghubungi nomer yg anda sbutkan…

    • Mapays Expert mengatakan:

      sebaiknya ibu bisa datang dan langsung mengurus sendiri ke kantor jamsostek terdekat.
      terima kasih,
      semoga membantu,
      #maaf sebelumnya saya tidak selalu online di blog ini.
      ibu bisa telpon ke kontak center jamsostek 500910

  70. Santoso tri widodo mengatakan:

    Selamat sore pak
    Mksh atas waktuny
    Saya mau tanya saya pak
    Saya punya 2 kartu
    Yg 1 tnggl 1 2010
    Yg 1ny tgl 1 2013
    Tp kedua kartunya sudah tidak aktif krna sya sudah tidak bkerja dkedua perusahaan tsb.
    Apa kduany bisa dgbung untuk klaim JHT?
    Mksh.saya tnggu jwbnny.

    • Mapays Expert mengatakan:

      maaf baru balas, sibuknya aktifitas sehingga jarang login ke dashboard admin..
      syarat penggabungan kartu, di system salah satu harus aktif.
      utk pengklaiman JHT kartu yg pertama bisa menunggu sampai 2015
      utk kartu yg ke dua menunggu 2018.
      bisa gabung kalo bapak bekerja kembali menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan,

      regards,

  71. gatot mengatakan:

    pak jamsostek itu bisa dipakai berobat kerumah sakitkah dan berobatnya gratis ato bayar ?

    • Mapays Expert mengatakan:

      maaf baru balas, sibuknya aktifitas sehingga jarang login ke dashboard admin..

      jamsostek sudah dinyatakan bubar tanpa likuidasi, artinya semua program jamsostek kecuali kesehatan sudah beralih ke program BPJS Ketenagakerjaan.
      jamsostek/bpjs ketenagakerjaan sudah tidak ada wewenang utk program kesehatan pemerintah.

      jadi kalo berobat silakan kunjungi BPJS Kesehatan (askes).
      terima kasih,
      regards,

  72. Mateus mengatakan:

    Dear Pak Kurnianto

    selamat malam dan jumpa lagi..;-)

    Mohon maaf menganggu Pak, terkait transformasi PT JAMSOSTEK Persero per 1 Januari 2014 sampai sekarang kenapa belum diterbitkan brosur/leaflet yang baru ya Pak. Karena perusahaan baru yg merupakan potensi sering menanyakan hal ini.
    Mohon ijin numpang iklan Pak :
    JIka Bapak/Ibu ingin mendaftar kepesertaan BPJS Tk perusahaan,tetapi tidak ada waktu dan mendapatkan sosialisasi secara komprehensif silahkan menghubungi kami(area JABODETABEK).
    Kami siap melayani anda.

    terimakasih atas waktu dan tempat yang diberikan Pak Kurnianto

    “salam sosial”
    M Dwi PP
    M 0812 108777 06
    P (021) 70585158

  73. desty mengatakan:

    Selamat pagi Pak,

    Salam kenal… Saya awam skali dg jamsostek, mungkin bpk punya atau pernah mendengar pengalaman yg saya alami. Saya mau tanya mengenai saldo akhir jht yg tiba2 jadi 0 pak. Pada bln feb 2012 saldo akhir masih ada sekian juta tp pada feb 2013 saldo akhir Rp 0, di sebelah kanan tertera amalgamasi saldo minus sekian juta. Amalgamasi itu apa y pak? qo bs saldo saya jd 0 pdhal saya tdk pernah melakukan apa2 terhadap jht sy krn baru terdaftar maret 2009. Bgmn cara mengurusnya ya pak?

    Terima kasih sebelumnya

  74. NAWIR mengatakan:

    Sy terdaftar Jamsostek thn 2009,tp kartu jamsostek sy hilang..
    1.Apakah bs d urus kmbali
    2.Solusinya gimana

  75. NAWIR mengatakan:

    Kartu sy hilang,apa bisa d urus kmbali…g mna solusinya…sy trdafatar pd 2009..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s