PERSYARATAN PENGAJUAN KLAIM JKK

Posted: 18 September 2010 in Jamsostek
Tag:, , ,
  1. LAPORAN TAHAP I
  2. - FORMULIR KK.2 / LAPORAN TAHAP 1
    – FOTO COPY KPJ
    – FOTO COPY KTP YANG BERLAKU
    – FOTO COPY ABSENSI / JADWAL KERJA
    – KRONOLOGIS KEJADIAN
    – BAP KEPOLISIAN (KECELAKAAN LALU LINTAS)
    – PRINT OUT DUTK (DATA UPAH TK) & IURAN

  3. LAPORAN TAHAP II
  4. - FORMULIR KK.3 / LAPORAN TAHAP 2
    – FORMULIR KK.4 / SURAT KETERANGAN DOKTER
    – KUITANSI ASLI PERAWATAN DAN PENGOBATAN BESERTA RINCIAN OBAT (COPY RESEP)
    – SURAT ISTIRAHAT DOKTER
    – LAIN – LAIN YANG DI ANGGAP PERLU

About these ads
Komentar
  1. moestakim mengatakan:

    pada hari selasa tgl 15 Maret 2011 jam 10.00 dikantor jamsostek kalideres acara sosialisasi peningkatan manfaat program jamsostek (jkk) & penyerahan rincian saldo jht th 2010, saya menanyakan tentang penggantian pengobatan dan perawatan akibat kecelakaan kerja, T.K.(Korban) sudah dapat penggantian pengobatan dan perawatan dari jasaraharja, karena kwitansi asli dari R.S yang merawatnya hanya 1 (satu) lembar sebesar Rp. 46.jt sekian kwitansi dilegalisir jasaraharja, uang penggantian sudah diterima oleh T.K.(korban) sebesar Rp.10.000.000,- dengan peraturan lama T.K.( korban ) seharusnya terima Rp.12.jt untuk penggantian pengobatan dan perwatan, karena sudah membayar iuran, mengapa yang dibayar hanya selisihnya hanya Rp.2 jt.

  2. mapays mengatakan:

    Terima kasih,
    saya akan mencoba menjawab,…

    Pada dasarnya kepesertaan di Jasa Raharja bersifat wajib, mengingat dalam UU Nomor 33 Tahun 1964 jo. PP Nomor 17 Tahun 1965 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU Nomor 34 tahun 1964 jo. PP Nomor 18 Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan mengamanahkan kepada Jasa Raharja untuk menghimpun dana dari masyarakat untuk membayar santunan melalui dua sumber. Pertama, pengutipan iuran wajib (premi) dari setiap penumpang alat angkutan umum baik di darat, laut, udara, sungai, danau dan penyeberangan yang besarannya sudah disatukan dengan ongkos atau tiket. Kedua, pengutipan SWDKLLJ (premi) dari para pemilik kendaraan bermotor yang dibayarkan oleh pemilik kendaraan pada saat pendaftaran atau perpanjangan STNK setiap tahunnya di Kantor SAMSAT seluruh Indonesia.

    Persatuan Aktuaris Indonesia atas nama Kasir Iskandar, M.Sc., FSAI, dalam keterangan tertulisnya berpendapat bahwa “….Yang agak mendekati syarat untuk dikategorikan sebagai asuransi sosial sesuai prinsip asuransi sosial di Indonesia adalah PT. Asuransi Jasa Raharja dan PT. Jamsostek[5]. Bahkan dalam pembayaran manfaat pelayanan kesehatan, BPJS (jaminan kesehatan) melakukan koordinasi dengan badan penyelenggara lainnya (seperti PT. Jasa Raharja untuk kecelakaan lalu lintas) dengan menggunakan prinsip indemnitas (jumlah total penggantian biaya pelayanan kesehatan tidak melebihi jumlah biaya pada fasilitas kesehatan (incurred cost) berdasarkan tarif yang telah ditetapkan.

    • moestakim mengatakan:

      Terima kasih jawabannya, Apakah biaya perawatan dan pengobatan digabungkan dari Jasaraharja dengan jamsostek, karena Jamsostek (jkk) ada iuran sedang jasa raharja diambil dari umum dan bukan anggota, pada dasarnya karyawan yg ikut(peserta) Jamsostek mengharapakan santunan sesuai dengan plapon yg telah ditentukan, maaf karena saya ikut ASKES,ASABRI,JAMSOESTEK, bagaimana mendapatkan kwitansi yang asli trima kasih

  3. mapays mengatakan:

    saya coba tangkap dulu maksud bapak,
    jadi kira2 seperti ini ya pak,
    bapak disini sebagai TK korban,
    sebelumnya bapak telah berinisiatif mengikuti semua program asuransi sosial agar jika suatu saat terjadi risiko, semua risiko bapak dapat di santuni?

    dalam asuransi sosial tidak seperti itu pak,
    Asuransi Sosial adalah program asuransi yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan suatu Undang- Undang, dengan tujuan untuk memberikan perlindungan dasar bagi kesejahteraan masyarakat • Program Asuransi Sosial hanya dapat diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara (UU No. 2 thn 1992).

    PRINSIP DASAR ASURANSI SOSIAL :

    • Compulsion (Wajib)
    • Set Level of Benefit (Manfaat yang merata/sama)
    • Floor of Protection (Perlindungan mendasar)
    • Subsidy(Subsidi)
    • Unpredictability of Loss (Kerugian sulit diprediksi)
    • Conditional Benefits (Manfaat bersyarat)
    • Contribution Required (Harus ada kontribusi)
    • Attachment to Labor Force (Terkait dengan Tenaga Kerja)
    • Minimal Advance Funding (Minimum dalam penyisihan dana)

    jadi dalam asuransi sosial, bersifat ganti rugi saja pak, bukan ganti untung.
    jika dalam asuransi sosial bisa di klaim ke semua perusahaan asuransi sosial pastinya lebih banyak orang yg memilih mengikuti semua program asuransi sosial pak dari pada bekerja.

    saran saya, ikuti asuransi sosial yg bersifat wajib saja pak, seperti jamsostek.
    dan kalo terjadi kecelakaan di jalan di klaim di jamsostek saja semuanya.

    utk masalah kuitansi asli, bapak bisa minta ke pada dokter/rs yg merawat bapak.

    terima kasih telah berkunjung.

  4. moestakim mengatakan:

    Makasih Bapak mapays, saya bukan TK(korban) saya kebetulan dihrd salah satu perusahaan jasa pengamanan yang kebetulan Purnawirawan TNI, TK(korban) salah satu karyawan kami, biaya penobatan dan perawatan di R.S. sudah dilunasi perusahaan kami, santunan jasa raharja (pengganti biaya pengobatan dan perawatan R.S.) Rp. 10 jt. sudah diterima TK(korban) apakah beaya pengobatan perawatan dari JAMSOSTEK yang peraturan lama Rp.12 jt. dibayarkan hanya Rp. 2 jt,( TK(korban) sedang dalam proses pecabutan pen ) mengapa kalau TK(korban) meninggal dapat santunan penuh semua ( dari jamsostek JKK,JK,dan JHT dan berkala, dan JASARAHARJA ) tidak ada selisih pembayaran, maksih

  5. mapays mengatakan:

    terima kasih pak,
    memang aturan seperti itu pak.
    jika terjadi kecelakaan, kemudian satu dari salah satu asuransi sosial telah memberikan santunan. maka asuransi sosial lain yg di ikuti hanya berkewajiban memberikan sisa santunannya.
    aturan biaya pengobatan maks : 12 jt (peraturan lama), jika jasa raharja (sebagai asuransi sosial) hanya memberikan klaim 10jt, maka jamsostek / asuransi sosial lain yg di ikuti hanya berkewajiban memberikan santunan maksimal 2jt. karena yg 10 sudah di berikan oleh asuransi jasa raharja.
    sama saja, kalo bapak mengklaimnya di jamsostek sepenuhnya.
    maksimal biaya pengobatan krn KK adalah 12jt (atutan lama), maka sepenuhnya di berikan 12jt oleh jamsostek, dan bapak tidak akan di berikan santunan lagi oleh jasa raharja.
    asuransi sosial BUMN, tentunya memiliki mekanisme yg sama dalam hal klaim.berdasar prinsip asuransi sosial pak.
    kalau bapak masih belum jelas mengenai hal ini.
    bapak bisa berkonsultasi dengan ahli asuransi sosial pak.
    mungkin beliau lebih bijak dan lebih mendalam menjelaskanya kpd bapak.

    tks telah menghubungi,
    salam.

  6. abdul hadi mengatakan:

    Bisakah jamsostek dgunakan untuk perwatan ibu hamil atau melahirkan. Bagaimana cara dan prsyaratanya?

  7. Mapays Expert mengatakan:

    Kalo perawatan ibu hamil tidak ada pak,
    tapi kalo biaya persalinan/melahirkan ada di Jamsostek.

    tks

  8. Leonardo Siahaan mengatakan:

    Dengar Hormat,
    Saya mau tanya mengenai klaim JKK. Ada anggota (karyawan) kami yang mengalami kecelakaan bermotor pada saat berangkat kerja. Pemeriksaan sudah melewati layanan JPK Jamsostek (klinik s/d RSUD Sekar Wangi). Akibat kecelakaan tsb karyawan ybs mengalami cedera bagian dalam pada anggota tubuhnya yang menyebabkan sampai saat ini ybs belum dapat aktif kembali bekerja. Karena didalam perusahaan kami sempat terjadi kekosongan HR & GA sehingga perusahaan lalai melakukan klaim JKK Jamsostek. Yang saya mau tanyakan adalah, mengingat saya adalah karyawan baru HR & GA dan saya melihat karyawan tsb harus dibantu (selain bantuan dari perusahaan, tercatat saat ini Gapok masih dibayarkan & santunan sudah diberikan sebesar 2.010.000), apakah pengajuan klaim masih bisa dilakukan mengingat kejadian tersebut sudah hampir 3 bulan berlalu? Jika bisa, apa yang perlu saya lampirkan didalam pengajuan klaim tsb?
    Form Keterangan Dokter tidak mungkin dilakukan krn lokasi tempat tinggal ybs berada jauh dari Jakarta. Yang saya miliki saat ini adalah hasil diagnosa klinik jamsostek & diagnosa rontgen RSUD Sekarwangi Cianjur.
    Mohon saran dan penjelasan dari bapak Pimpinan Jamsostek Cab Salemba, Jakarta Pusat.

    Terima kasih.
    Salam//
    Leonardo S

    • Mapays Expert mengatakan:

      klaim masih bisa dilakukan selama belum melewati masa 1 tahun.
      yang perlu dipenuhi adalah persyaratan2 yg telah saya tuliskan diatas (LAPORAN TRAHAP 1 DAN LAPORAN TAHAP 2).

      utk laporan dokter, menggunakan hasil diagnosa klinik jamsostek & diagnosa rontgen RSUD Sekarwangi Cianjur. ajukan ke kantor cabang terdaftar.

      terima kasih

  9. adit mengatakan:

    berapa lama klaim JKK bisa cair? soalnya saya sudah1 bulan mengajukan blm cair jg. terima kasih.

  10. pratama mengatakan:

    Pak, saya mau bertanya tentang penggantian jaminan.

    Seorang TK (Tenaga Kerja) mengalami kecelakaan lalu lintas dan harus melalui operasi pemasangan pen. TK telah melakukan dan mendapatkan klaim ke Jamsostek sebesar 14 juta tidak berapa lama sesudah kejadian. Berdasarkan ketentuan JKK, TK berhak mendapatkan penggantian maksimum 20juta.
    Setelah kejadian dan klaim tsb, TK masih harus tetap kontrol ke dokter dan menebus obat secara teratur setiap bulannya. Karena pen masih terpasang dalam tubuh TK, berarti sebenarnya TK juga belum bisa dianggap sembuh.

    Pertanyaannya :
    – Apakah kwitansi kontrol dan pengobatan tsb masih bisa diklaim ke Jamsostek ? Mengingat dari masih ada sisa 6juta dari maksimum 20juta.
    – Jika masih bisa, apakah ada batasan waktu klaimnya, dari kejadian kecelakaan?

    Terima kasih sebelumnya.

  11. Cipto mengatakan:

    Apakah pemegang jamsostek jkk yg masih aktif dan belum pernah mengajukan klaim bisa mengambil dana yg tersimpan?

    • Mapays Expert mengatakan:

      maaf baru balas, sibuknya aktifitas sehingga jarang login ke dashboard admin..

      tidak bisa, karena program : JKK , JK, dan kematian sifatnya ganti rugi. yang mampu membantu yang tidak mampu, yg sehat membantu yg tidak sehat (asuransi sosial)
      dahulu dana2 tersebut kembali kepeserta melalui program dana peningkatan kesejahteraan peserta, pengembangan saldo, santunan2, hibah, dll.
      yang bisa dicairkan hanya JHT.

      sekian,
      semoga membantu,
      regards

  12. fransiscus86 mengatakan:

    Slmt siang. Maaf nih ada beberapa pertanyaan. Jika ada seorang tenaga kerja / karyawan mengalami kecelakaan lalu lintas & mengalami patah tulang. Dan dia berobat ke rs. Dana yg dikeluarkan sekitar 30jt untuk operasi. Sedangkan dari jasaraharja hanya dapat santunan maksimal 10jt. Apakah sisanya yg 20jt bisa di klaimkan ke jamsostek? Karena dr jamsostek dr perusahaan karyawan tersebut bisa mengklaim hingga 20jt. Sedangkan kwitansi asli dari rs hanya 1. Apakah kita bisa mengklaim ke jasaraharja dahulu yg 10jt, lalu sisanya yg 20jt kita klaim ke jamsostek perushaan dengan surat legalisir dr pt jasaraharja. Kalau bisa bagaimana caranya? Dan apa syarat2nya. Mohon petunjuknya.

    • Mapays Expert mengatakan:

      selamat pagi,
      sesuai dengan peraturan, bisa baca disini, maksimum santunan JKK oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah MAKSIMAL 20jt.
      jika di jasarahardja sudah di klaim 10jt, maka 20jt dikurang 10jt(jasa rahardja) di BPJS Keketenagakerjaan hny diklaim MAKSIMAL 10JT.
      terima kasih,
      jika pertanyaan berlanjut, mohon menghubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan 500910, online 24 jam. tarif telepon lokal.

      sekian dan terima kasih,
      semoga membantu.