1. Kemungkinan besar VGA Conectornya nggak nyambung, coba di copot dan dipasang ulang, atau kadang2 bbrp pin-nya patah shg menganggu koneksi dari CPU ke Monitor
2. kalau cpu bunyi niiit niiit nittt, lepas vga card, pasang lagi kalau ga bunyi kemungkinan masalah di kabel vga ke monitor, atau komponen monitor sendiri
3. kalo saya sih, dulu muncul pesan itu gara-gara salah masukin kabel monitor ke CPU,,, soalnya di CPU-ku ada soket yang sama dengan soket monitor,,, entah soket apaan,,, he41x
1. Periksa apakah komputer sudah menyala dengan benar
2. Periksa sambungan kabel di monitor
3. Periksa sambungan kabel di konektor video/VGA di komputer
4. Apabila VGA bukan tipe on-board, periksa apakah VGA card terpasang dengan benar
5. Apabila VGA ada dua (on-board dan VGA card terpisah), periksa setting di BIOS apakah boot up VGA ke yang lain? Misalnya, monitor terpasang di VGA card, padahal BIOS boot up ke VGA on-board, dan sebaliknya

Apabila semua tetap tidak bisa, silahkan mencoba dengan perangkat lain kalau ada:
1. Gunakan monitor lain, apakah monitor tersebut bisa? Kalau bisa, mungkin monitor anda bermasalah
2. Gunakan VGA card lain, apakah bisa? Atau, pasang monitor di komputer lain, apakah bisa? Kalau bisa, berarti VGA card yang bermasalah
3. Apabila ada kabel VGA cadangan/pinjaman, gunakan kabel VGA tersebut. Apabila bisa, artinya kabel VGA yang bermasalah.
5. Itu sudah pasti ada masalah dengan VGA CARD kamu
1. Apakah kamu memasang kabel VGA nya dengan tepat ?
2. apakah kamu memasang kabel VGA ke VGA card tambahan (AGP, PCI) atau ke VGA Internal motherboard.? ??
3. Kemungkinan memang Konektor rusak antara Monitor / VGA card / Internal VGA di motherboard.
4. Kabel VGA Monitor sudah rusak perlu diganti.
6. pertama: lihat fasilitas pada monitor ada berapa input signal
input 1……..input 2….. mana yang dipakai dan set pada monitor sesuai dengan soket inputnya no1../ no2
Kedua : bila tidak juga ganti kabel
ketiga : bila tidak juga lepas cart VGA ganti atau cleaning dan pasang lagi
silahkan COBA!!

Komentar
  1. widayaswara mengatakan:

    thankz…
    saya coba…!

    • juju mengatakan:

      bantuan nya donk saya sudah nyalakan cpu tapi monitor nya ga mau nyala sudah di coba ganti pke monitor yg lain n VGA nya juga sdah di ganti pke VGA yg lain tapi tetap ga bisa,,,,,kalau tombol power pda monitor di mtikan trus di nyalakan lagi tulisan nya no signal,…

      • Mapays Expert mengatakan:

        coba anda copotin baterai CMOS, dan RAM. kemudian pasang baterai CMOS. dan nyalakan tanpa RAM dan VGA.
        apabila ada peringatan bunyi beep pada CPU berarti tidak ada masalah pada CPU anda.
        kemudian pasang kembali RAM dan VGA.
        mungkin kurang kencang/kotor pada socket.
        semoga mebantu..

  2. jalanrumahku mengatakan:

    terimakasih sebelumnya tapi monitor komputer saya kok gak bisa nampilin graphicnya ya…ketika nyala hanya muncul tlisan “power save mode” setelah itu gak tampil apa2 lagi walapun CPUnya ON. dan itu juga terjadi pada monitor lain ketika saya mecnoba menggantinya..mohon arahan dimakah letak permasalahan dan bagaimana solusinya..thx

  3. Mardi Kurnianto mengatakan:

    Terima kasih atas atensinya.
    sebenarnya banyak kasusnya, saya harus tau persis.
    bisa jadi hanya setting konfigurasi VGA, bisa jadi Hardwarenya, bisa jadi kabel monitor/monitornya.

    oke, paling tidak saya memeberikan pendekatan2 yg mungkin.

    pertama saya mau bertanya,
    apakah CPU anda benar2 gak bisa tertangkap Monitor?
    waktu loading Bios (layar hitam yg menampilkan konfigurasi hardware) muncul tidak?
    kalo muncul :
    pengalaman saya,
    standar utk DPI setting pada monitor ada 96dpi (Normal Size).

    mungkin pengaturan CPU anda utk DPI settingnya lebih tinggi, sehingga monitor tak mampu utk menampilkan grapichnya.
    untuk menampilkan grapichnya saya yakin, utk monitor2 terbaru pasti sudah support 96 DPI keatas.

    solusinya:
    cara yang pertama : anda harus ganti Display DPI setting menjadi 96(normal size). agar di monitor bisa muncul/terlihat anda harus menggunakan monitor yg seri terbaru/keluaran terbaru.
    setelah terlihat, klik kanan pada desktop, pilih propertis–>setting–>advanced.
    pada tab general akan muncul settingan DPI. ganti menjadi 96DPI.
    terus, coba ganti dengan monitor milik anda. pasti bisa terlihat.

    cara yang kedua : jika anda tak mempunyai monitor seri terbaru, masuk saja lewat safemode.
    ketika booting pertama, kliktombol ESC/F5/F8 (tergantung setting safe mode CPU anda), biasanya utk P4 itu pake tombol F5.

    setelah itu ada byk pilihan,
    safemode, dll……

    anda pilih booting yg ada tulisan “VGA setting”…(maaf saya lupa), yg ada pilihan VGA nya.
    kalo sudah berhasil komputer akan restar, dan mengembalikan settinga DPI sesuai dengan kemampuan DPI monitor anda.

    jika kok ternyata solusi saya diatas gak bisa di coba, berarti kemungkinan hardwarenya yg problem.
    apakah ada peringatan bunyi (tittt..tiittt…titt) atau tidak pak?
    kalo ada di pastikan itu RAM nya / VGA nya.
    coba ganti VGA anda.
    klo VGA anda onboar, beli saja VGA PCI bekasan.
    yg 64Mb paling 30rb.

    ok, selamat mencoba
    semoga bermanfaat,
    Knowledge belong to the world.

    salam

  4. brian mengatakan:

    bantuan nya donk,, begini ,, saya memakai pc net ..sewaktu cpu induk saya nyalakan ,,di monitor lain pada awal nya nya monitor dua2 nya nyala normal .. namun waktu sudah memasuki tampilan windows .. tiba2 satu monitor “no signal” saya sudah cek kabel2 lain semua terpasang benar … saya restart ulang pun tetap sama saja .. apa peyebab nnya ya ?? makasi sebelum nya …

  5. mapaysys mengatakan:

    Terima kasih atas pertanyaanya.

    itu terjadi karena VGA nya tidak support mas.
    salah satu jalan,
    anda jalankan dengan 1 monitor,
    kemudian buka device manager,(klik kanan mycomputer->manage->device manager)
    setelah itu anda cari Display Adapternya, klik kanan display yg sudah terinstall dan pilih disable.
    restart komputer anda.

    semoga jawaban saya membantu.

  6. Mapays Expert mengatakan:

    kalo sudah pasti monitor rusak, Ganti monitor saja bu.
    kalo playback monitor rusak, pasti gak mau tampil di layar.

    Monitor : hanya menampilkan hasil
    CPU/Komputer : semua proses

  7. vaiez mengatakan:

    gan, gimana neh ..udah bisa pas proses booting, tp pas masug windows tiba” layar hitam “no signal” lo dilayar lcd, tp lo di crt item, lampu monitornya ketap ketip gitu …
    kira” kenapa ya gan ? apa gara” softwarenya ??? tp ga ngistal software vga tuh gan … -__-

    pliss gan, help !!!

  8. Mapays Expert mengatakan:

    sebenarnya pertanayaan ini sudah saya jawab via seluler, tapi kok gak berhasil post yah?
    ok saya ulangi.

    itu frekuensi monitor anda tidak support dengan PC yang anda punya.
    coba anda rendahkan settingan ke standar 60Hz.

    lari ke desktop->propertis->setting->advanced->monitor.

    gimana caranya agar nyala?
    anda booting via safe mode / best VGA preview.
    pencet F5 atau F8 sebelum masuk windows.
    selamat mencoba.

  9. olphan mengatakan:

    di kntor sya ad 3 komputer, smuanya awalnya normal. tapi setelah mati lampu cuma 1 komputer yang bisa hidup lagi, yang 2 ada tulisan no signal detected… mohon bantuannya… trims…

    • Mapays Expert mengatakan:

      masuk melalui safe mode,
      caranya : sebelum masuk ke windows, tekan F8 atau F5 secara terus menerus, sampai ada pilihan safe mode.

      pilih safe mode with best VGA configuration.

      terima kasih

  10. gan, saya mau nanya nih, CPU saya ketika pake monitor LG masih menampilkan nih gan, tapi ketika saya coba menggunakan NEC tidak muncul gan, tulisannya No Signal , saya menggunakan VGA Ge-Force 220 gt. apakah NEC tidak kuat memunculkan Grafis nya atau gimana? , minta Solusinya gan . Tq

    • Mapays Expert mengatakan:

      resolusi VGA di NED tidak standart,
      coba masuk pakai safe mode, terus masuk ke propertis->monitor, ubah menjadi 60hz,
      ataju masuk ke option safemode, masuk ke pilihan VGA option best configuration,
      semoga membantu

  11. frans hutajulu mengatakan:

    gan saya mau tanya neh,saya punya komputer build up tp monitor saya ga mau hidup dengan status monitor “no input signal go to sleep”,
    padahal RAM dan cmos sudah saya coba otak-atik tetp tdk mau juga,monitor dah saya ganti tetp tidak mau juga,kalau saya test monitor ke t4 lain bisa,hanya cpu kt4 lain tdk bisa hidup gan,
    cpu saya tdk ada vga card nya gan,kabel vga dah saya ganti tetap tdk mau juga gan,minta solusinya gan???

    • Mapays Expert mengatakan:

      oh, itu settingan utk frekuensi refresh rate nya aja mas.
      kalo anda pakai windows 7, masuk ke control panel-> all control panel items -> displa -> screen resolution -> advanced setting – > monitor
      ganti refresh rate menjadi 60hz (ini default utk monitor indonesia).

      berarti anda harus pakai monitor yg hidup.
      cobalah, semoga membantu

  12. M Iqbal Ibay Xwar mengatakan:

    terimakasihh . . .
    bener bener membantu . . .

  13. adealaska mengatakan:

    thank you gan!! bermanfaat sekai nih..

  14. betaraubd mengatakan:

    ok saya coba dulu ya,, cz komputer dinas ni, bermasalah no detect

  15. epoh mengatakan:

    gan, kmaren saya lagi bersihin kamar n bagian luar PC, kemudian saya copot semua kabel utk dibersihkan,pas dipasang n dihidupin keluar dialog di monitor no bideo input, kemudian enter sleep mode, itu kenapa y gan,udah dibersihin VGA n RAM tetap belum bisa..

  16. mario mengatakan:

    gan ijin saya lagi kesulitan,saya abis beli PC baru awal nya saya instal windows 7 bisa,akan tetapi ketika akan finish tiba2 monitor sleep mode tiba-tiba,nah pas saya restar tetap ga mau nyala monitornya tapi CPU tetap menyala.mohon pencerahannya gan please,salah dimananya.

  17. jordan mengatakan:

    gan bantuin sya dong, ini saya punya komputer baru, tapi sekarang udah kena no signal, saya sudah coba bongkar dan pasang lgi kabel vga nya, tapi tetap no signal, please help me!

    • Mapays Expert mengatakan:

      Sebelum masuk ke windows, ente tekan Tombol F5/F8. Biasanya ane tekan dua-duany, tekan terus sampai muncul pilihan booting . Dipilihan tsb ada pilihan safe mode, dll… Ente pilih best vga configuraTions. Coba dulu yah, klo ga bs hub anw lg.

      Itu cm setingan ga sesuai antara pc dan monitor.

  18. Imha Yurisko Putri mengatakan:

    Kak minta bantuan nya donk.. cpu saya no display padahal sdh di coba di monitor lain tp ttp saja tidak mau tampil…. apa permasalahan nya yah… tolong bantuan nya ya

  19. kepo mengatakan:

    gan tolongin ane pls, T_T
    kompi terbilang baru tapi penyakitan, penyakitnya pas dinyalain Cpu ttp nyala dimonitor muncul attention “No Input Video” sama “Enter Sleep Mode” molo…
    tdinya ane cba bwt copot2in trs balik msuk2in kabel smw, eh g lma balik lgi kaya gtu lngsng blank lgi n mncul prngtan diats.. ane dah cba jg k kompi lain, ttep kya gtu trs smpet jga ganti kbel vga, eh msh ja.!! > < |ngeselin|
    mau diinstal ulng, booting ja ssah.. diservce katanya mslhnya dimotherboatnya…
    jadi gimana tuh gan… T_T,

  20. Herlangga mengatakan:

    VGA’a sudah saya bersihkan socket’a juga tpi tetap gak bisa monitor’a “NO SIGNAL GOING TO SLEEP”
    RAM gak saya otak atik

  21. Iten Art mengatakan:

    tolong shere dong gimana cara seting cpu biar tidak muncul pesan ” Monitor Go To Sleep ” soalnya mengganggu bangat ketika kerja monitor tiba-tiba mati terus muncul pesan seperti dia atas….pelace mohon bantuanya…

    • Mapays Expert mengatakan:

      pakai windows apa ?
      kalo windows 7 ada, klik kanan pada desktop pilih personize pilih screensaver klik change power setting pilih change edit sesuai kebutuhan anda.
      salam

  22. Mapays Expert mengatakan:

    Thank you for visiting and your appreciation.
    pleased to meet with you

  23. davhendrik mengatakan:

    permisi mas numpang nanya,monitor saya out of range kalau pakai vga card (bisa masuk bios n booting,ketika masuk windows mulai error + dibios ada artifak ) tapi kalau pakai vga onboard ga ada masalah normal2 aja…udah dicoba pake safe mode ganti resolusi tetap ga bisa…
    itu vga saya yg rusak,monitor atau slot vga motherboardnya yg rusak?oya karena ketebatasan tempat saya ga bisa nyoba ganti2 hardware pake yang lain…thx

  24. Mapays Expert mengatakan:

    apabila VGA eksternal sudah terpasang maka akan terdetect di information BIOS,
    coba cek BIOS nya.
    kalo sudah terdetect, sudah otomatis BIOS lari ke VGA eksternal.
    kalo pakai yg onboard masih bisa, berarti VGA eksernal tidak terpasang/rusak.
    sekian, semoga membantu,
    terima kasih

Tinggalkan Balasan

